Deretan Organisasi Kriminal Paling Kuat yang Pernah Ada

Deretan Organisasi Kriminal Paling Kuat yang Pernah Ada

Deretan Organisasi Kriminal Paling Kuat yang Pernah Ada – Organisasi merupakan wadah atau tempat berkumpulnya orang dengan 3 sistematis, terpimpin, terkendali, terencana, rasional dalam memanfaatkan segala sumber daya baik dengan metode, material, lingkungan dan uang serta sarana dan prasarana, dan lain sebagainya dengan efisien dan efektif untuk bisa mencapai tujuan organisasi.

Dalam ilmu-ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu, terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi, dan manajemen.[2] Kajian mengenai organisasi sering disebut studi organisasi (organizational studies), perilaku organisasi (organizational behaviour), atau analisis organisasi (organization analysis).

Bicara organisasi kriminal atau mafia pasti membuatmu berpikir tentang Deposit Togel Pulsa 10rb grup-grup paling legendaris macam Kartel Sinaloa dari Meksiko, Cosa Nostra yang berbasis di Sisilia dan New York, atau Yamaguchi Gumi, klan Yakuza terkuat di Jepang.  Seiring berjalannya waktu, organisasi kriminal bisa saja melemah karena peraturan yang diperketat, kesalahan strategi, hingga munculnya pesaing-pesaing baru yang tak kalah kuat.

1. Camorra, Italia
8 Organisasi Kriminal yang Dinilai Terkuat di Dunia

Camorra mulai dikenal luas di luar Italia setelah buku investigasi Roberto Saviano dirilis tahun 2006 lalu. Camorra sendiri bukan nama baru di negara asalnya, mereka muncul sejak abad ke-19 dan punya banyak anggota serta simpatisan dari kalangan kelas menengah ke bawah.

Mereka memanfaatkan minimnya komitmen pemerintah dalam mengentaskan masalah pengangguran dan kemiskinan di provinsi Campania, utamanya Napoli. Diawali dengan menyediakan pinjaman, perampokan, pemalakan, penyelundupan komoditas ilegal seperti rokok, narkoba, senjata, dan barang bermerek palsu.

Kemudian, terus meluas dengan menginvestasikan modal mereka ke berbagai bisnis-bisnis strategis yang legal seperti real estate. Keberadaan Camorra punya pengaruh besar dalam konstelasi politik dalam negeri Italia. Mereka secara tidak langsung berkontribusi dalam mengurangi pertentangan antar kelas karena kesenjangan ekonomi yang sangat kentara antara Italia bagian Selatan dan Utara.

2. ‘Ndrangheta, Italia
8 Organisasi Kriminal yang Dinilai Terkuat di Dunia

‘Ndrangheta berbasis di provinsi termiskin di Italia, Reggio Calabria. Kondisi geografisnya yang berupa perbukitan dan pegunungan cadas memang kurang menguntungkan. Namun, semua berbalik semenjak ‘Ndrangheta berhasil mendapatkan uang tebusan atas penculikan pewaris Getty Oil di tahun 70an.

Uang tebusan tersebut mereka pakai untuk melebarkan bisnis dan membangun koneksi langsung dengan supplier kokain dari Kolombia dan Meksiko. Dengan cekatan mereka menggenggam kontrol di pelabuhan Gioia Tauro dengan menaruh anggota mereka di posisi-posisi strategis di sana.

‘Ndrangheta juga dikenal sebagai kelompok kriminal yang cukup solid. Jarang terjadi perang antar klan seperti yang terjadi di Napoli. Mereka juga diuntungkan oleh melemahnya Cosa Nostra di Palermo yang menjadi fokus perburuan aparat penegak hukum di tahun 90an setelah dengan gegabah membunuh dua jaksa.

Dan ‘Ndrangheta bisa dibilang cukup pintar mengatur strategi. Dengan membangun jaringan di bagian Utara Italia, Eropa, dan Amerika Serikat, mereka menjadi penguasa distribusi kokain sepanjang samudera Atlantik.

3. Solntsevskaya Bratva, Rusia
8 Organisasi Kriminal yang Dinilai Terkuat di Dunia

Di tahun 2014, situs Fortune memasukkan organisasi kriminal asal Rusia ini sebagai yang terkaya dengan pendapatan menjadi delapan triliun dollar Amerika Serikat. Tidak banyak media yang melakukan investigasi atau wawancara dengan anggotanya.

Namun, buku Federico Varese yang berjudul Mafias on the Move: How Organized Crime Conquers New Territories menulis satu bab khusus untuk Solntsevskaya Bratva.  Organisasi ini didirikan oleh Sergei Mikhailov yang mengumpulkan pemuda ketika ia menjalani hukuman penjara atas pencurian sepeda motor.

Organisasinya mendapatkan uang dari praktik pemerasan berbasiskan data rahasia dan penawaran jasa keamanan. Di tahun 90an, mereka mulai membentuk ikatan kuat dengan Italia dan Hungaria. Bisnis mereka berkembang ke sektor ekspor impor dan kini sebagian besar aset mereka sudah aman tercatat dalam bisnis-bisnis legal sehingga susah diusut.

4. National Liberation Army (ELN), Kolombia
8 Organisasi Kriminal yang Dinilai Terkuat di Dunia

ELN merupakan salah satu kelompok militer gerilya sayap kiri yang terbentuk tahun 1964 ketika perang sipil pecah di Kolombia. ELN, FARC, EPL dan militer pemerintah saling melawan satu sama lain untuk memperluas teritori dan pengaruh ideologi masing-masing.

Meski perang mereda, kelompok-kelompok tersebut masih eksis lewat aktivitas penculikan, pemerasan, dan teror.  ELN menjadi makin radikal ketika pemerintah Kolombia mengadakan dialog damai dan hanya mengundang FARC.

Mereka membalas tindakan tersebut dengan melakukan aksi teror brutal, bahkan tak segan menyasar polisi dan pejabat. Sumber pendanaan mereka pun banyak didukung oleh produksi kokain dan penambangan ilegal.

Telah memperluas jangkauan sampai Venezuela, Forbes memasukkan ELN dalam daftar organisasi kriminal terkuat di Amerika Latin di awal tahun 2020. Sejajar dengan PCC di Brasil dan Kartel Sinaloa.

5. Los Zetas, Meksiko
8 Organisasi Kriminal yang Dinilai Terkuat di Dunia

Setelah Kartel Sinaloa, Los Zetas bisa dibilang salah satu grup kriminal terkuat di Meksiko. Menariknya, anggotanya merupakan mantan pasukan elit Meksiko atau Grupos Aeromoviles de Fuerzas Especiales (GAFE).

Pelopornya adalah Arturo Guzman yang direkrut ketua kartel Gulf untuk menjadi bodyguard-nya. Guzman kemudian berhasil mengumpulkan sejumlah personel pasukan elit untuk membelot dan bergabung dengan Kartel Gulf.

Setelah beberapa lama, Guzman dan pasukan elit rekrutannya memilih untuk memisahkan diri dari Kartel Gulf dan membentuk organisasi baru bernama Los Zetas di tahun 2010. Guzman dibantu Trevino yang merupakan mantan polisi.

Trevino punya jaringan kuat di Amerika yang membuat bisnis-bisnis haram Los Zetas berkembang pesat. Ditambah dengan metode kekerasan efektif untuk melumpuhkan siapapun yang mencoba menghalangi upaya mereka.

6. Kompania Bello, Albania
8 Organisasi Kriminal yang Dinilai Terkuat di Dunia

Kompania Bello punya cara yang unik dalam mengoperasikan bisnisnya. Jika kebanyakan organisasi kriminal memisahkan diri dengan drug dealer yang beroperasi di jalanan, Kompania Bello memilih untuk menyatukan tengkulak dengan pembeli eceran dalam satu rantai kontrol.

Dilansir dari Balkan Insight, selain di negara sendiri, Kompania Bello mulai aktif dalam perdagangan narkoba lewat asosiasi-asosiasi yang tersebar di Belanda, Belgia, Itali, dan Ekuador sejak tahun 2014. Biasanya mereka merekrut diaspora orang Albania yang bermigrasi di negara-negara tersebut.  Capo atau ketuanya sendiri bernama Dritan Rexhepi yang sudah keluar masuk penjara di berbagai negara. Di dalam penjara pun, Rexhepi masih bisa mengoperasikan bisnisnya, sama dengan kebanyakan petinggi mafia lainnya di dunia.

7. Jalisco New Generation Cartel (CJNG), Meksiko
8 Organisasi Kriminal yang Dinilai Terkuat di Dunia

Beda dengan organisasi kriminal lainnya di Meksiko atau Italia yang memilih untuk tidak menggunakan kekerasan saat berurusan dengan aparat, CNJG dikenal jauh lebih nekat.

Mereka dengan entengnya menembak pesawat Angkatan Darat Meksiko, membunuh polisi, jaksa, dan pejabat pemerintah. Mereka bahkan tak segan mencari korban warga sipil untuk menghalangi aparat menangkap petinggi mereka.  Selain berbisnis narkoba, CNJG sudah melebarkan sayap mereka dengan melirik perkebunan alpukat yang hasilnya tak kalah menjanjikan. Alpukat sendiri sudah banyak dipakai kartel untuk instrumen investasi mereka.

8. Triad, Hong Kong
8 Organisasi Kriminal yang Dinilai Terkuat di Dunia

Organisasi kriminal di Asia punya keunikan sendiri. Selain jenis narkoba yang berbeda, kebanyakan methamphetamine, ekstasi, heroin, dan jenis-jenis baru turunan opium, mereka juga melirik perburuan hewan dan penebangan pohon ilegal.

Selain Yakuza, salah satu organisasi kriminal terkuat adalah Triad yang sudah menjalankan bisnis transnasionalnya dengan memanfaatkan lemahnya integrasi dan pengawasan di Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Apalagi banyak region di Asia yang sudah menandatangani perjanjian perdagangan bebas, bisnis mereka pun makin lancar. Triad juga dikenal dekat dengan aparat kepolisian, di Hong Kong kekerasan yang jelas dilakukan anggota Triad akan sangat susah untuk diusut.  Dilansir dari New York Times, Triad sendiri memiliki sejarah yang panjang. Mereka pertama kali didirikan pada periode Dinasti Qing untuk membantu pemerintah dan akhirnya menjadi tangan kanan Partai Nasionalis atau Kuomintang untuk melawan komunis.

Saat Revolusi Komunis terjadi di China, Kuomintang dan para anggota Triad bermigrasi ke Hong Kong dan Taiwan. Sejarah mereka cukup patriotik, dikenal pro demokrasi bahkan membantu para buron demo Tiananmen Square.

Namun, kini mereka juga sangat mengutamakan bisnis di atas segalanya. Di demo besar tahun 2019 lalu, Triad dipercaya masuk ke kerumunan dan melukai demonstran untuk membantu aparat membubarkan mereka. Punya sejarah yang panjang, ikatan politik yang kuat, dan simpatisan dari kalangan menengah ke bawah, menjadi kunci kelanggengan organisasi kriminal di dunia.

Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok satu sama lain, dan ada pula yang berbeda. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah bagi orang-orang untuk berkumpul, bekerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin,  metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi