Deretan Peraturan Negara di Dunia yang Dianggap Paling Aneh

Deretan Peraturan Negara di Dunia yang Dianggap Paling Aneh

Deretan Peraturan Negara di Dunia yang Dianggap Paling Aneh – Peraturan Pemerintah (disingkat PP) adalah Peraturan Perundang-undangan di Indonesia yang ditetapkan oleh Presiden untuk menjalankan Undang-Undang sebagaimana mestinya. Materi muatan Peraturan Pemerintah adalah materi untuk menjalankan Undang-Undang.

Di dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan dinyatakan bahwa Peraturan Pemerintah sebagai aturan “organik” daripada Undang-Undang menurut hierarkinya tidak boleh tumpang tindih atau bertolak belakang. Pada dasarnya, peaturan di sebuah wilayah dibuat agar membuat sesama masyarakat menjadi nyaman dan aman.

Misalnya, terdapat peraturan dilarang memiliki senjata api pribadi demi meminimalisir resiko ancaman terhadap orang lain. Ada juga peraturan dilarang mengonsumsi kesehatan demi kesehatan dan kualitas hidup. Menariknya, terdapat beberapa peraturan dari berbagai negara yang mungkin menurut kita cukup nyeleneh. Pastinya terdapat banyak orang yang bertanya-tanya mengapa terdapat peraturan seperti itu.

1. Dilarang mengunyah permen karet – Singapura
5 Peraturan Paling Nyeleneh dari Berbagai Negara di Dunia

Apakah kamu pecinta permen karet? Tampaknya Singapura bukan negara yang cocok untuk kamu kunjungi. Pasalnya, negara ini memiliki peraturan untuk melarang penguyahan permen karet di wilayah tersebut.

Bukan tanpa sebab, sebelum peraturan ini diresmikan pada tahun 1992, Pemerintah Singapura harus mengeluarkan biaya sebesar 150.000 dolar AS atau setara 2,1 miliar rupiah per tahun hanya untuk kotoran dari permen karet yang ada di area publik. Kala itu, pemerintah setempat berkeinginan untuk menjadikan Singapura sebagai negara transit yang bersih dan nyaman. Tindakan mengimpor, menjual, dan membuat permen karet dapat dikenakan denda atau bahkan hukuman penjara.

2. Denda bagi seseorang yang tidak berjalan dengan anjingnya sebanyak 3 kali sehari – Turin, Italia
5 Peraturan Paling Nyeleneh dari Berbagai Negara di Dunia

Bagi seseorang yang ada di Turin, tampaknya berjalan dengan anjing kesayangannya merupakan suatu keharusan. Pasalnya, terdapat peraturan agar para pemilik anjing untuk mengajak anjingnya berjalan-jalan sebanyak minimal 3 kali. Jika tidak, seseorang tersebut akan terkena denda, dilansir NBC News.

Hal tersebut ditujukan sebagai bentuk kasih sayang terhadap hewan peliharaan. Memang, Italia sendiri merupakan negara yang peduli terhadap keselamatan hewan. Bagi seseorang yang ketahuan menyakiti hewan atau meninggalkan hewan peliharaannya, maka akan terkena denda 10.000 euro atau setara 169 juta rupiah ditambah satu tahun kurungan penjara.

3. Diwajibkan mengizinkan orang tak dikenal untuk masuk ke rumah dengan tujuan menggunakan toilet – Skotlandia
5 Peraturan Paling Nyeleneh dari Berbagai Negara di Dunia

Cukup wajar jika seseorang tidak mengizinkan orang asing untuk masuk ke rumahnya dengan alasan apapun demi menjaga keamanan. Namun, jika alasan orang asing tersebut ialah untuk menggunakan toilet, kamu tak bisa menolaknya jika berada di Skotlandia. Di negara tersebut memang terdapat peraturan untuk mengizinkan orang asing menggunakan toilet di rumah seseorang, dilansir Daily Record.

Jika seseorang memang sangat membutuhkan toilet, seseorang tersebut berhak memaksa pemilik rumah untuk mengizinkannya. Tak diketahui secara pasti mengapa peraturan tersebut diterapkan di negara Skotlandia yang pada dasarnya memiliki fasilitas publik yang baik, termasuk toilet umum.

4. Lupa hari ulang tahun istri merupakan tindakan ilegal – Samoa
5 Peraturan Paling Nyeleneh dari Berbagai Negara di Dunia

Pada dasarnya, hari ulang tahun orang kesayangan memang tak boleh dilupakan, apalagi suami-istri. Namun, apa jadinya jika terdapat peraturan bahwa harus mengingat hari ulang tahun istri? Di Samoa, lupa ulang tahun istri merupakan sebuah tindakan yang ilegal, dilansir India.com.

Belum diketahui secara pasti apa hukuman yang diberikan kepada sang suami jika lupa hari ulang tahun istrinya. Meskipun begitu, jika kamu berlibur ke Samoa kamu akan lebih baik jika mengingat betul hari ulang tahun istri kamu ya agar terhindar dari hukuman di sana.

5. Tak boleh memberikan makanan kepada burung merpati – Venice, Italia
5 Peraturan Paling Nyeleneh dari Berbagai Negara di Dunia

Di kota Venice Italia, terdapat peraturan agar tidak memberikan kepada burung merpati. Alasan mengapa terdapat peraturan tersebut ialah agar meminimalisir kerusakan pada patung dan bangunan yang ada di sana. Sebagai informasi, sebelum peraturan ini diberlakukan pada tahun 2008, para turis memang diperbolehkan untuk membawa makanan burung merpati sehingga burung-burung tersebut menuju ke arah mereka.

Sayangnya, tak sedikit patung-patung dan bangunan yang harus tergores akibat banyaknya burung merpati yang sedang menghampiri makanan. Seseorang dapat didenda sebesar 50 euro atau sekitar 846.000 rupiah jika ketahuan memberikan makanan kepada burung merpati di kota tersebut, dilansir Reuters.

Memang, kelima peraturan ini tampak nyeleneh walau pemerintah setempat pastinya memiliki alasan masing-masing. Tak sedikit pula warga setempat yang awalnya menentang peraturan tersebut namun pada akhirnya memahaminya. Menurutmu, peraturan mana yang paling nyeleneh?

Setiap negara di dunia memiliki aturan masing-masing. Mulai dari menentukan hukum hingga peraturan berdasarkan ideologi negara. Jadi tak heran jika ada sejumlah aturan yang di negara lain boleh, namun di negara ini sama sekali tidak diperbolehkan. Sejumlah aturan ini memang terbilang aneh didengar. Sebab, kebanyakan pelarangan ini boleh dilakukan di Indonesia.

Di Amerika Serikat, itu sebenarnya cukup umum untuk memakai pakaian pola camo, begitu banyak sehingga orang membuat lelucon tentang apakah mereka dapat “benar-benar melihat Anda di sana” karena kemampuan Anda untuk “berbaur” dengan lingkungan.

Namun, di sejumlah negara Karibia seperti arbados, Jamaika, St. Vincent dan St. Lucia, beberapa negara Afrika, dan bahkan Arab Saudi, mengenakan pakaian berpola kamuflase dilarang, kecuali jika Anda ingin didenda atau berpotensi dipenjara. Masalahnya adalah mereka tidak ingin ada warga sipil yang bercampur dengan anggota militer.