DPR Mengusulkan Mempercepat Kelulusan Para Dokter & Perawat

DPR Mengusulkan Mempercepat Kelulusan Para Dokter & Perawat

DPR Mengusulkan Mempercepat Kelulusan Para Dokter & Perawat – Jumlah kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami lonjakan. Data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat, sejak Sabtu (26/6/2021) hingga Minggu (27/6/2021) penambahan pasien positif mencapai 21.342 orang.

Jumlah tersebut merupakan rekor tertinggi penambahan kasus baru Covid-19 dalam sehari terhitung sejak pandemi virus corona berlangsung di Tanah Air. Dengan demikian, jumlah pasien yang terjangkit Covid-19 di Indonesia kini mencapai 2.115.304 orang, terhitung sejak kasus pertama diumumkan pada 2 Maret tahun lalu.

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda mengusulkan percepatan kelulusan bagi mahasiswa di bidang Aplikasi Poker77 kesehatan, baik mahasiswa kedokteran maupun keperawatan, untuk memastikan ketersediaan tenaga kesehatan di masa gelombang kedua COVID-19.

1. Gelombang kedua COVID-19 tidak dapat dianggap enteng
Darurat COVID-19, DPR Usulkan Kelulusan Dokter dan Perawat Dipercepat

Lonjakan kasus COVID-19 yang mengkhawatirkan dalam beberapa waktu terakhir menurut Huda tidak bisa dianggap enteng. Bahkan, ia mengatakan beberapa hari terakhir kasus baru positif COVID-19 selalu tercipta mencapai 20 ribu kasus per hari pada Kamis (24/6/2021).

“Bahkan gelombang kedua COVID-19 di Indonesia ini jika tidak ada kebijakan fundamental bisa mengancam sistem layanan kesehatan, mengingat tingkat Bed Occupancy Rate (BOR) di rumah sakit rujukan hampir penuh. Selain itu tenaga kesehatan juga banyak mulai tumbang,” ujar Huda.

2. Mendorong percepatan vaksinasi
Darurat COVID-19, DPR Usulkan Kelulusan Dokter dan Perawat Dipercepat

Vaksinasi di Indonesia menurut Huda relatif lamban. Padahal Indonesia sedang berkejaran dengan waktu untuk menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) dalam menghadapi COVID-19.

Oleh karena itu, ia mendorong percepatan vaksin karena Indonesia akan terus rawan menghadapi gelombang pandemik susulan sebelum tercipta kekebalan kelompok.

“Jika melihat data, vaksinasi di Indonesia relatif lamban dibandingkan beberapa negara lain. Padahal stok vaksin kita relatif aman,” ujar Huda.

3. Pembukaan poliklinik desa sebagai sentra vaksinasi
Darurat COVID-19, DPR Usulkan Kelulusan Dokter dan Perawat Dipercepat

Ketua Tim Pengendali Bencana COVID-19 DPR, Muhaimin Iskandar mendorong pembukaan poliklinik desa sebagai sentra vaksinasi, dan Huda sepakat dengan usulan tersebut.

Bahkan menurutnya, mahasiswa keperawatan atau mahasiswa kedokteran dapat didorong sebagai relawan jika kekurangan tenaga vaksinator.

“Jika kekurangan tenaga vaksinator maka mahasiswa kedokteran maupun mahasiswa keperawatan bisa didorong sebagai relawan. Kami yakin dengan kerja bersama ini program vaksinasi akan bisa diselesaikan dalam waktu cepat,” kata Huda.

Dengan penambahan 21.342 kasus baru, data Worldometers pada Minggu (27/6/2021) menempatkan Indonesia pada urutan pertama negara yang mencatatkan penambahan kasus Covid-19 tertinggi dalam sehari pada periode hari ini.

Menyusul di urutan kedua Rusia yang mencatatkan penambahan 20.538 kasus baru dalam sehari. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email Di urutan ketiga yakni Iran yang bertambah 9.758 kasus baru. Kemudian, Filipina bertambah 6.096 kasus baru, Malaysia bertambah 5.586 kasus baru.