Dugaan Pemerkosaan yang Melibatkan Menteri Pantai Gading

Dugaan Pemerkosaan yang Melibatkan Menteri Pantai Gading

Dugaan Pemerkosaan yang Melibatkan Menteri Pantai Gading – Pantai Gading (Côte d’Ivoire) adalah sebuah negara di Afrika Barat yang berbatasan dengan Liberia, Guinea, Mali, Burkina Faso, dan Ghana di sebelah barat, utara dan timur serta dengan Teluk Guinea di sebelah selatan. Sebagai salah satu negara termakmur di wilayah tropis Afrika Barat.

Perkembangan ekonominya telah dikikis oleh kekacauan politik yang ditimbulkan oleh korupsi dan penolakan reformasi. Menteri Rekonsiliasi Pantai Gading Kouadio Konan Bertin diselidiki terkait kasus pemerkosaan terhadap perempuan muda. Pembukaan kasus ini disebabkan adanya komplain dari seorang perempuan yang mengaku mendapat perlakuan buruk ini.

Sebelumnya, publik Pantai Gading sudah digegerkan dengan kasus pembawa acara yang dituding mendukung tindak pemerkosaan. Hal ini setelah ia mengundang seorang pelaku pemerkosaan untuk memeragakan tindakan bejatnya itu dalam sebuah acara televisi lokal.

1. Terduga korban mengadukan kasus ini ke polisi

Kantor Kejaksaan Pantai Gading telah membuka investigasi terkait kasus yang melibatkan Kouadio Konan Bertin yang pada tahun lalu mencalonkan sebagai calon presiden. “Seorang perempuan muda telah melaporkan tuntutannya kepada kepolisian. Sementara itu, investigasi ini sudah dijalankan” ujar kejaksaan.

Pada sebuah pesan yang sudah tersebar di internet pada Senin (27/9/2021) seorang perempuan itu sempat bekerja dengan Bertin pada April lalu. Kemudian, ia dipaksa pergi ke Divo, yang berjarak 200 km dari ibu kota Abidjan, di mana ia diperkosa di sana.

Sementara, menteri berusia 52 tahun yang dijuluki KKB itu juga sudah mengajukan tuntutan kepada perempuan itu pada Selasa (28/9/2021) terkait kasus pemfitnahan dan kecurangan, dikutip dari Africa News.

2. Korban merupakan seorang seniman asal Kamerun di Pantai Gading

Dilansir dari RFI, pada audio yang sudah tersebar luas dalam beberapa hari terakhir, diketahui seorang perempuan yang berprofesi sebagai seniman asal Kamerun yang tinggal di Pantai Gading itu mengajukan komplain bahwa KKB melakukan tindak pemerkosaan kepadanya di Divo pada April lalu.

“Saya tidak akan memperkenalkan diri saya. Ini adalah kasus kriminal yang seharusnya ada di tangan sistem hukum. Menteri itu tidak seharusnya malu dengan kasus ini” Ungkapan ini menanggapi tuntutan KKB pada perempuan itu dan ia menganggap tindakan ini dijadikan sebagai kontrol politik.

Sebelumnya KKB merupakan satu-satunya lawan dalam pemilihan presiden pada tahun 2020 lalu dalam melawan Alassane Ouattara. Namun ia hanya mendapatkan 2 persen suara dan sempat menjadi pemerintahan pada Desember lalu sebagai menteri rekonsiliasi.

3. Organisasi perempuan turut bantu melawan kasus tudingan pada KKB

Mendengar kabar ini, Liga Hak Perempuan Pantai Gading meminta bantuan pada seorang perempuan yang menuding KKB terlibat dalam kasus pemerkosaan. Menurut petinggi perkumpulan itu, pengacara korban telah mundur dan asosiasi itu tidak memiliki uang untuk membayar pengacara lainnya.

“Dalam kasus ini, memang sangat sulit untuk mendapatkan pengacara yang bisa bekerja sama denganmu. Nama, reputasi klien, semuanya yang bisa kalian bayangkan dalam kondisi sulit. Adapun kendala keuangan” ujar Carelle Goli, seorang pejabat hukum di Liga Hak Perempuan Pantai Gading dalam konferensi pers Sabtu (2/10/2021), dilaporkan dari laman Africa News.

Sementara itu, Pantai Gading selama ini menjadi negara salah satu negara dengan tingkat pemerkosaan tertinggi di dunia. Namun, tidak adanya data statistik resmi terkait kasus ini, maka membuat masalah ini terus menjadi momok bagi perempuan di negara Afrika Barat itu.

Nama negara ini sering diterjemahkan dalam berbagai bahasa, misalnya Ivory Coast dalam bahasa Inggris, Elfenbeinküste dalam bahasa Jerman dan Costa de Marfil dalam bahasa Spanyol. Pada bulan Oktober 1985 pemerintah Côte d’Ivoire memohon agar negara ini disebut demikian dalam semua bahasa. Menurut hukum nasional Côte d’Ivoire, nama negara ini tidak boleh di terjemahkan dari bahasa Prancis.

Ekonomi Utama Pantai Gading berasal dari agrikultur terutama Cokelat, di mana Pantai Gading merupakan negara penghasil dan pengekspor cokelat terbesar di dunia. Perkebunan Cokelat di Negara ini banyak sekali menyerap tenaga kerja dari negara – negara tetangga seperti Ghana, Liberia, Sierra Leone, Guinea, Senegal, Guinea Bissau, Cape Verde, Nigeria, Benin, dan Togo. Selain Cokelat, hasil utama pertanian di Pantai Gading adalah Kopi,  Karet,  Tebu, Kelapa, dan Kelapa Sawit.