Inilah Alasan Tidak Boleh Membeda-bedakan dalam Hal Berteman

Inilah Alasan Tidak Boleh Membeda-bedakan dalam Hal Berteman

Inilah Alasan Tidak Boleh Membeda-bedakan dalam Hal Berteman – Persahabatan atau pertemanan adalah istilah yang menggambarkan perilaku kerja sama dan saling mendukung antara dua atau lebih entitas sosial. Artikel ini memusatkan perhatian pada pemahaman yang khas dalam hubungan antar pribadi. Dalam pengertian ini, istilah “persahabatan” menggambarkan suatu hubungan yang melibatkan pengetahuan, penghargaan, afeksi dan  perasaan.

Sahabat akan menyambut kehadiran sesamanya dan menunjukkan  kesetiaan satu sama lain, sering kali hingga pada altruisme. selera mereka biasanya serupa dan mungkin saling bertemu, dan mereka menikmati kegiatan-kegiatan yang mereka sukai. Mereka juga akan terlibat dalam perilaku yang saling menolong, seperti tukar-menukar nasihat dan saling menolong dalam kesulitan. Sahabat adalah orang yang memperlihatkan perilaku yang berbalasan dan reflektif.

Namun bagi banyak orang, persahabatan sering kali tidak lebih daripada kepercayaan bahwa seseorang atau sesuatu tidak akan merugikan atau menyakiti mereka. Dalam menjalani hidup, kita memang dituntut untuk  bergaul dengan siapapun. Hal tersebut sebenarnya juga tercermin pada Aplikasi Poker77 hakikat manusia sebagai makhluk sosial yang gak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Salah satu hal yang gak boleh dilakukan saat bersosialisisasi adalah sering membeda-bedakan.

1. Ingatlah bahwa setiap orang itu memiliki kelebihan dan kekurangan
Terima Apa Adanya, 5 Alasan Kamu Gak Boleh Membeda-bedakan Teman

Pada dasarnya setiap orang itu pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Baik itu dari segi ekonomi ataupun pola pikir, kamu tidak bisa memaksa orang lain agar bisa setara denganmu.

Dengan adanya perbedaan yang cukup mutlak semacam itu, kamu tidak boleh membeda-bedakannya. Jika masih dilakukan, kamu pasti akan mendapati banyak ketidak cocokan.

2. Membeda-bedakan teman hanya akan membuat lingkaran pergaulanmu menyempit
Terima Apa Adanya, 5 Alasan Kamu Gak Boleh Membeda-bedakan Teman

Salah satu hal yang pasti didapat jika sering membeda-bedakan teman adalah lingkaran pertemananmu akan semakin menyempit. Hal tersebut tentunya akan menghasilkan banyak kerugian bagimu. Salah satu contohnya adalah ketika dalam keadaan susah, hanya sedikit teman yang mau menolongmu.

Jika hal itu terjadi, maka kamu akan susah terlepas dari permasalahan tersebut. Alangkah lebih baik jika kamu mau berteman dengan siapapun agar ketika berada di titik terendah, bakal ada banyak orang yang mau mengulurkan tangannya untukmu.

3. Kamu akan susah bergaul dengan orang-orang yang tidak cocok denganmu
Terima Apa Adanya, 5 Alasan Kamu Gak Boleh Membeda-bedakan Teman

Jika sering membedakan teman, kamu pasti akan susah beradaptasi di lingkungan sosial apapun. Salah satu contohnya ketika sedang berada di lingkungan baru, kamu akan susah berkenalan sebab tidak terbiasa melakukannya. Apalagi kebiasaanmu yang suka membedakan akan membuatmi berpikir dua kali sebelum berkenalan.

Janganlah kamu melakukan hal semacam itu karena setiap orang memang dituntut untuk bisa beradaptasi. Latihlah kemampuan beradaptasimu dengan mulai untuk tidak membeda-bedakan teman meskipun mereka tak cocok denganmu.

4. Lingkaran pertemananmu pasti tidak akan berwarna
Terima Apa Adanya, 5 Alasan Kamu Gak Boleh Membeda-bedakan Teman

Jika hanya memilih teman yang satu frekuensi, kamu tidak akan mendapati keseruan dalam sebuah persahabatan. Kamu tak akan mendapati pertengkaran karena ketidak cocoka  sehingga dapat membuat kalian menjadi lebih dewasa dalam berteman. Cobalah sesekali untuk bergaul dengan orang yang bertolak belakang dengan pemikiranmu agar kamu belajar banyak hal darinya.

5. Sering membedakan teman hanya akan membuatmu mudah berpikiran buruk
Terima Apa Adanya, 5 Alasan Kamu Gak Boleh Membeda-bedakan Teman

Di awal sudah disebutkan bahwa kebiasaan membeda-bedakan teman hanya akan memupuk sikap berburuk sangka. Hal itu terjadi karena kamu sudah terbiasa melihat keburukan orang lain tanpa memandang sisi positifnya. Dengan adanya hal tersebut, kamu akan susah percaya dengan orang lain.

Padahal sejatinya kamu perlu mempercayai orang lain jika ingin menjadikannya sebagai seorang teman. Kebiasaan berpikiran buruk semacan itu pun akan berdampak besar terhadap pola kehidupan sosial yang kamu miliki.

Membeda-bedakan teman adalah hal yang pantang dilakukan karena hanya akan berdampak buruk bagi hidupmu. Mulai sekarang cobalah untul belajar menerima apa pun kelebihan maupun kekurangan yang dimiliki seorang teman.

Sering kali ada anggapan bahwa sahabat sejati sanggup mengungkapkan perasaan-perasaan yang terdalam, yang mungkin tidak dapat diungkapkan, kecuali dalam keadaan-keadaan yang sangat sulit, ketika mereka datang untuk menolong. Dibandingkan dengan hubungan pribadi, persahabatan dianggap lebih dekat daripada sekadar kenalan, meskipun dalam persahabatan atau hubungan antar kenalan terdapat tingkat keintiman yang berbeda-beda. Bagi banyak orang, persahabatan dan hubungan antar kenalan terdapat dalam kontinum yang sama.