Jokowi Telah Sah Menjadikan Ganip Warsito Jadi Kepala BNPB

Jokowi Telah Sah Menjadikan Ganip Warsito Jadi Kepala BNPB

Jokowi Telah Sah Menjadikan Ganip Warsito Jadi Kepala BNPB – Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito, S.E., M.M. (lahir di Magelang, Jawa Tengah, 23 November 1963; umur 57 tahun) adalah seorang perwira tinggi TNI-AD yang pada 25 Mei 2021 menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Pelantikan Ganip sebagai kepala BNPB berlangsung pada Selasa (25/5/2021) pukul 10.00 WIB di Istana Kepresidenan Jakarta, dengan pembacaan sumpah jabatan yang dipandu Presiden Jokowi dan disirakan langsung melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 79 P Tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala BNPB, akan diberikan hak keuangan dan administrasi setingkat menteri yang ditetapkan Presiden Jokowi di Jakarta pada 24 Mei 2021.

Pelantikan Ganip sebagai kepala BNPB berlangsung pada Selasa (25/5/2021) pukul 10.00 WIB di Istana Kepresidenan Jakarta, Dilansir dari Daftar Slot Live22 dengan pembacaan sumpah jabatan yang dipandu Presiden Jokowi dan disirakan langsung melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi darma bakti saya kepada nusa dan bangsa. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” kata Ganip.

1. Ganip pernah menduduki beberapa jabatan militer lainnya

Sebelum resmi menjabat sebagai kepala BNPB, Ganip merupakan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI. Tak hanya itu, ia juga pernah menduduki beberapa jabatan militer lainnya di TNI seperti Direktur Latihan Komando Pembina Doktrin, dan Pendidikan dan Latihan (Kodiklat) TNI AD selama 2014-2015.

Selain itu, menjabat Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 2/Kostrad pada 2015-2016, Pa Sahli Tk. III Bid. Polkamnas Panglima TNI 2016, Pangdam XIII/Merdeka 2016-2018, Pa Sahli Tk. III Bid. Hubint Panglima TNI 2018, Asops Panglima TNI 2018-2019, dan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III 2019-2021.

2. Tantangan baru menghadapi pandemik COVID-19

Menjabat sebagai kepala BNPB yang baru, tugas-tugas pun menanti Ganip, termasuk penanganan pandemik COVID-19 dan manajemen bencana alam.

Melihat sepak terjang di dunia militer, Ganip dipercaya mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Terlebih, Doni yang pernah menjabat sebagai kepala BNPB sebelumnya telah mengenal lama sosok Alumni Akabri 1986 ini yang juga pernah menggantikannya sebagai Dan Yonif 741/Satya Bhakti Wirottama.

3. Pergantian kepala BNPB yang berasal dari perwira tinggi TNI atas permintaan Jokowi

Pergantian jabatan kepala BNPB yang berasal dari perwira tinggi aktif TNI, menurut Menteri Sekretaris Negara Praktino merupakan keinginan Jokowi.

”Presiden ingin mentradisikan yang memimpin BNPB adalah perwira tinggi aktif, di antaranya agar setiap terjadi bencana bisa mudah mengerahkan pasukan,” ujar Pratikno.