Kasus Kematian Pertama Akibat COVID-19 di Selandia Baru

Kasus Kematian Pertama Akibat COVID-19 di Selandia Baru

Kasus Kematian Pertama Akibat COVID-19 di Selandia Baru – Selandia Baru melaporkan kasus kematian pertama yang diakibatkan varian Delta  di kota Aucland. Menyadur Channel News Asia, Selandia Baru juga melaporkan 20 kasus Covid-19 dan semuanya juga ditemukan di Auckland. Kasus kematian tersebut menimpa seorang wanita berusia 90-an dan memiliki sejumlah kondisi kesehatan yang mendasarinya.

Pejabat kesehatan Selandia Baru mengungkapkan jika kasus itu adalah kasus kematian terkait Covid-19 pertama sejak pertengahan Februari. Selandia Baru melaporkan kematian pertama akibat virus corona varian Delta. Menurut pejabat kesehatan setempat, korban yang meninggal akibat varian Delta adalah seorang perempuan.

Perempuan tersebut berusia sekitar 90 tahun. Ia juga memiliki sejumlah penyakit, kata pejabat kesehatan dalam sebuah pernyataan. Kasus kematian ini juga menjadi kematian pertama akibat COVID-19 di Selandia Baru sejak Februari 2021.

1. Terdapat 20 kasus baru COVID-19
Selandia Baru Laporkan Kematian Pertama Akibat Varian Delta

Selain kasus kematian, Selandia Baru juga melaporkan adanya 20 kasus hari COVID-19. Semuanya berada di Auckland, pusat wabah di negara itu.

Sekitar 1,7 juta orang di Auckland, kota terbesar di negara itu, telah berada dalam penguncian (lockdown) level 4 sejak pertengahan Agustus.

2. Tanggapan PM Selandia Baru
Jacinda Ardern Kembali Terpilih Menjadi Perdana Menteri Selandia Baru

Perdana Menteri (PM) Selandia Baru, Jacinda Ardern, mengatakan setiap kasus kematian akibat COVID-19 menjadi peringatan keras tentang dampak wabah. Ia pun mengimbau agar warga terus mendukung pemerintah demi menyelamatkan rakyat.

“Warga Selandia Baru berusia lanjut dan mereka yang memiliki gangguan kesehatan paling berisiko jika terinfeksi virus dan menjadi alasan kenapa lockdown penting untuk menghentikan penyebarannya,” ujar Ardern dalam sebuah pernyataan.

3. Selandia Baru catat ada 3.748 kasus COVID-19
Selandia Baru Terbaik Tangani Covid-19, seperti Apa Penanganan di Sana?  Halaman all - Kompas.com

Meski begitu, Selandia Baru tampaknya berhasil memutus rantai penularan varian Delta yang sangat menular. Jumlah kasus pada hari ini masih melanjutkan tren penurunan yang sudah terjadi dalam beberapa hari terakhir.

Menurut Worldometers, total kasus COVID-19 di Selandia Baru hanya 3.748 kasus. Dari jumlah itu, sebanyak 2.971 kasus sembuh dan 27 orang meninggal dunia.

Meski di Auckland diterapkan lockdown, untuk wilayah lain pembatasan telah dilonggarkan. Tetapi, sekolah, kantor, kafe, restoran, dan semua tempat umum masih ditutup. Penduduk Selandia Baru telah diminta untuk tidak bepergian.

Pemerintah kota Auckland, rumah bagi sekitar 1,7 juta penduduk, menerapkan kuncian ketat tingkat empat sejak pertengan Agustus. Sekolah, kantor, kafe, restoran, dan semua tempat umum masih ditutup. Sebagian besar warga juga masih diminta untuk tetap tinggal di rumah.

Kasus aktif Covid-19 di Selandia Baru saat ini mencapai 782, dengan 765 di Auckland dan 17 di Wellington. Selandia Baru telah melaporkan 3.392 kasus Covid-19 dan 27 kasus kematian sejak pandemi Covid-19 mulai menyerang negara tersebut.