Mantan Mensos Juliari Batubara Divonis 12 Tahun Penjara

Mantan Mensos Juliari Batubara Divonis 12 Tahun Penjara

Mantan Mensos Juliari Batubara Divonis 12 Tahun Penjara – Pada 6 Desember 2020 dini hari, Juliari ditetapkan sebagai tersangka korupsi bantuan sosial COVID-19 oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. Juliari diduga menerima biaya sebesar Rp 10.000 untuk masing-masing paket bantuan sosial COVID-19 di wilayah Jabodetabek.

Selain Juliari, terdapat 4 orang lainnya ditetapkan sebagai tersangka, baik dari pihak Kementerian Sosial maupun swasta. Akibat melakukan korupsi dalam masa krisis sebagai dampak pandemi, Juliari terancam hukuman mati. Pada 9 Agustus 2021, Juliari meminta keringanan hakim dalam menjatuhkan vonis, serta mengklaim dampak dari vonis tersebut memberatkan keluarga dan anak-anaknya.

Mantan menteri sosial Juliari Batubara divonis 12 tahun penjara dan denda Rp500 juta dalam perkara korupsi apk idn poker bantuan sosial COVID-19 sembako Jabodetabek tahun 2020. Putusan itu dibcakan Majelis Hakim di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Senin (23/8/2021).

Putusan Pengadilan

Tok! Korupsi Bansos, Juliari Batubara Divonis 12 Tahun Penjara - Kabar24  Bisnis.com

“Menyatakan Juliari Batubara telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan berlanjut sebagaimana dakwaan alternatif kesatu penuntut umum. Menjatuhkan pidana oleh karenanya terhadap terdakwa selama 12 tahun dan pidana denda Rp500 juta dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti pidana kurungan selama enam bulan,” ujar Hakim.

Juliari juga wajib membayar denda Rp500 juta atau diganti kurungan penjara selama enam bulan. Mantan kader PDI Perjuangan ini juga diminta membayar ganti rugi ke negara senilai Rp14.597.450.000 yang harus dibayar paling lambat satu bulan setelah putusan berkekuatan hukum tetap.

Hukuman Tambahan

KPK Pede Hakim Kabulkan Hukuman 11 Tahun untuk Juliari Batubara - Kabar24  Bisnis.com

Jika tak dibayar, maka harta Juliari akan disita untuk dilelang. Apabila masih belum mencukupi, hukuman penjara bagi mantan anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan ini akan ditambah dua tahun.

Juliari juga tidak bisa dipilih dalam jabatan publik selama empat tahun setelah menjalani pidana pokok.

Profil

Sidang Kasus Korupsi Bansos: Juliari Batubara Minta Bebas

Juliari Peter Batubara, M.B.A. (lahir di Jakarta, 22 Juli 1972; umur 49 tahun) adalah Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju sejak 23 Oktober 2019 hingga terjerat kasus korupsi dana Bantuan Sosial COVID-19 pada tanggal 6 Desember 2020.

Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai anggota DPR dari PDIP dalam dua periode masa jabatan untuk daerah pemilihan Jawa Tengah I, dimana ia berada dalam Komisi VI yang menangani Perdagangan, Perindustrian, Investasi, Koperasi, UKM dan BUMN, serta Standardisasi Nasional.

Juliari adalah seorang politikus Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Ia menjabat sebagai anggota DPR dalam dua periode masa jabatan untuk daerah pemilihan Jawa Tengah I, dimana ia berada dalam Komisi VI yang menangani Perdagangan, Perindustrian, Investasi, Koperasi, UKM dan BUMN, serta Standardisasi Nasional. Ia juga menjadi Wakil Bendahara Umum PDI-P periode 2019-2024.