Menkes Ungkap 19 Kabupaten/kota Mengalami Kenaikan Covid-19

Menkes Ungkap 19 Kabupaten/kota Mengalami Kenaikan Covid-19

Menkes Ungkap 19 Kabupaten/kota Mengalami Kenaikan Covid-19 – Saat ini banyak daerah di Indonesia yang mengalami penurunan kasus COVID-19. Namun dari evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), ditemukan juga 131 Kabupaten/Kota tunjukkan tren kenaikan kasus COVID-19. Angka nasional penularan terjadi penurunan, tetapi ada sekitar 131 kabupaten/kota yang mengalami tren naik, di samping ada beberapa kabupaten/kota juga mengalami penurunan,” kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Senin (1/11/2021).

Angka tersebut naik dibandingan dengan yang disampaikan pemerintah pada minggu lalu. Dalam rapat terbatas antara Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri, Senin (25/10/2021), terungkap bahwa 105 kabupaten/kota mengalami tren kenaikan kasus COVID-19. Budi mengatakan peningkatan kasus COVID-19 di kabupaten/kota tersebut tidak signifikan. Meski demikian, Budi mengimbau agar pemerintah daerah waspada.

“Ada 19 kota yang kita monitor secara ketat dan surveilans ketat, karena ada kenaikan kasus walau masih kecil lebih dari dua minggu,” kata Budi dalam konferensi pers dipantau YouTube Sekretariat Presiden, Senin (22/11/2021).

1. Kasus COVID-19 di Fakfak dan Purbalingga naik berturut-urut

Tak Ada Kenaikan Drastis Kasus Covid-19, Menkes: Seluruh Kabupaten-Kota  Masih Baik

Menkes mencontohkan terdapat dua kota yakni Fakfak di Papua dan Purbalingga di Jawa Tengah, mengalami kenaikan kasus selama empat minggu berturut-turut meski kasus masih kecil.

Kemudian Lampung Utara, mengalami kenaikan kasus konfirmasi dalam tiga minggu terakhir.

“Tapi kita mengikuti daerah ini agar jangan sampai kita terlambat,” imbuhnya.

2. Peningkatan kasus relatif masih aman
Skenario Besar Jokowi: Habisi Covid dan Bangkitkan Ekonomi

Budi menambahkan peningkatan kasus di 19 kabupaten/kota tersebut relatif masih aman. Sebab, jumlah kasus masih kecil, positivity rate-nya dan keterisian tempat tidur di rumah sakit masih rendah.

“Saat ini situasi pandemik di seluruh kabupaten/kota dan provinsi masih baik, sehingga tidak perlu khawatir,” jelas Budi.

3. Kota-kota yang mengalami kenaikan testing sangat rendah
Waspada, Kasus COVID-19 Meningkat di 19 Kota/Kabupaten!

Meski aman, Budi memastikan pemerintah pusat terus melakukan monitoring wilayah mana saja yang memiliki potensi kenaikan kasus. Selain itu melihat apa saja yang harus diperbaiki, termasuk tracing dan testing nya.

“Kami melihat kota-kota yang mengalami kenaikan, disiplin untuk tracing kontak eratnya dan melakukan testing bagi orang yang mengalami kontak erat sudah sangat rendah. Oleh karena itu kami mengimbau seluruh pimpinan daerah, bupati, wali kota, untuk sama sama menjaga disiplin tracing dan juga testing-nya. Ini sangat perlu dan penting untuk bisa mencegah adanya gelombang baru,” terang Budi