Pemerintah Beri 2 Ribu Tempat Tidur untuk Pasien COVID

Pemerintah Beri 2 Ribu Tempat Tidur untuk Pasien COVID

Pemerintah Beri 2 Ribu Tempat Tidur untuk Pasien COVID – Pemerintah menambah tempat tidur untuk Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet. Total ada 2 ribu tempat tidur yang diserahkan pemerintah per hari ini. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemerintah telah menambah 2 ribu tempat tidur untuk pasien COVID-19 bergejala sedang.

Sebelumnya, juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan BOR di RSD Wisma Atlet menunjukkan kedaruratan. Tambahan tempat tidur ini guna mengantisipasi lonjakan pasien akibat peningkatan kasus virus corona.

“Total ada persediaan hampir 2 ribu tempat tidur tambahan yang sedang dipersiapkan untuk pasien dengan kategori sedang,” Dirangkum dari laman poker idn deposit pulsa 10rb tanpa potongan kata Budi dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (16/7/2021).

1. Pemerintah bekerja sama dengan RS Pertamina dan RSCM untuk penambahan tempat tidur
Pemerintah Tambah 2 Ribu Tempat Tidur untuk Pasien COVID Gejala SedangSejumlah pasien menjalani perawatan di lorong IGD Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soekardjo, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (23/6/2021).

Budi menyampaikan 2 ribu tempat tidur yang disiapkan pemerintah itu berada di Wisma Haji sebanyak 1.000 tempat tidur yang terdiri dari 900 tempat tidur biasa dan 100 tempat tidur ICU. Selain itu, pemerintah juga bekerja sama dengan RS Pertamina dan RS Dr. Cipto Mangunkusumo. Sehingga, totalnya ada 2 ribu tambahan tempat tidur.

“Kami juga update perkembangan tempat tidur yang disediakan di Jakarta sebanyak 1.000 tempat tidur di Wisma Haji, terdiri dari 900 tempat tidur biasa dan 100 ICU bekerja sama dengan RS Pertamina. Kami juga meng-update tambahan sekitar 300 tempat tidur di RSCM dan kami update tambahan 300-500 tempat tidur lagi oleh RS Pertamina di Jakarta,” jelas Budi.

2. Kementerian PUPR akan bangun RS lapangan di beberapa wilayah
Pemerintah Tambah 2 Ribu Tempat Tidur untuk Pasien COVID Gejala Sedang

Tak hanya itu, lanjut Budi, pihaknya juga telah bekerja sama dengan Kementerian PUPR untuk pembangunan rumah sakit lapangan. Dia mengatakan, tim dari Kementerian PUPR sudah mengunjungi Bandung, Jawa Tengah, hingga Surabaya.

“Mengidentifikasi beberapa tempat untuk pembangunan rumah sakit lapangan yang memberi tambahan tempat tidur kalau memang diperlukan. Tim sekarang sudah jalan ke Surabaya juga untuk identifikasi potensi bila diperlukan tambahan tempat tidur,” ujar Budi.

3. Sebanyak 27 asrama haji sudah siap digunakan untuk tempat isolasi dan rumah sakit darurat COVID-19
Pemerintah Tambah 2 Ribu Tempat Tidur untuk Pasien COVID Gejala Sedang

Sementara, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan puluhan asrama haji di Indonesia siap untuk dipergunakan sebagai rumah sakit darurat dan tempat isolasi terpusat karena peningkatan kasus COVID-19 yang terjadi belakangan ini.

Dia memaparkan dari 31 asrama haji di seluruh Indonesia, 27 di antaranya siap digunakan. Sedangkan, empat asrama haji lainnya saat ini masih sedang dalam proses penyiapan atau renovasi. Hal tersebut sudah ia laporkan kepada Presiden Jokowi dalam rapat terbatas yang digelar hari ini.

“Kemenag memiliki 31 asrama haji di seluruh Indonesia, 27 di antaranya siap digunakan untuk keperluan penanganan pandemi COVID-19 baik berupa RS darurat COVID sebagaimana di Asrama Haji Pondok Gede maupun untuk keperluan isolasi mandiri. Kami persiapkan semuanya,” kata Yaqut.