Pemerintah Kuba Mulai Memberikan Vaksinasi Untuk Anak Balita

Pemerintah Kuba Mulai Memberikan Vaksinasi Untuk Anak Balita

Pemerintah Kuba Mulai Memberikan Vaksinasi Untuk Anak Balita – Vaksinasi adalah proses pemberian vaksin ke dalam tubuh. Bila seseorang sudah mendapat vaksin untuk suatu penyakit, tubuhnya bisa dengan cepat membentuk antibodi untuk melawan kuman atau virus penyebab penyakit tersebut ketika nanti ia terpapar.

Pemerintah Kuba mulai memberikan vaksinasi COVID-19 untuk anak berusia di bawah lima tahun (balita), Senin (6/9/2021) waktu setempat. Ini pertama kalinya di dunia balita mendapatkan vaksin COVID-19. Vaksin COVID-19 yang digunakan adalah vaksin yang dibuat oleh Kuba.

Vaksin tersebut didasarkan pada teknologi protein rekombinan, seperti yang digunakan oleh Novavax dari Amerika Serikat (AS) dan Sanofi dari Prancis. Namun vaksin bikinan Kuba ini belum diakui Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). France 24 melaporkan anak-anak yang divaksinasi adalah mereka yang berusia mulai dari dua tahun.

1. Rencana membuka kembali sekolah
Rencana Sekolah Tatap Muka 5 Hari Sepekan, DKI: Murid Akan Diselang-seling  - Metro Tempo.co

Negara komunis yang berpenduduk 11,2 juta orang tersebut menargetkan untuk menginokulasi semua anak di negaranya sebelum membuka kembali sekolah untuk tahun ajaran baru yang dimulai pada Senin. Sebagian besar sekolah di negara itu telah ditutup sejak Maret 2020 ketika virus corona mulai mewabah.

Selama melakukan kegiatan belajar mengajar jarak jauh, banyak kegiatan belajar dilakukan melalui program televisi, karena sebagian besar rumah di Kuba tidak memiliki akses internet.

2. Vaksinasi untuk anak-anak dimulai sejak pekan lalu
Kuba Mulai Memberikan Vaksin COVID-19 ke Balita

Meski baru mulai memvaksinasi balita pada Senin, ternyata Kuba telah memulai kampanye inokulasi untuk anak-anak pada hari Jumat. Di mana vaksinasi dimulai pada mereka yang berusia 12 tahun ke atas.

Upaya vaksinasi itu dilakukan setelah Kuba menyelesaikan uji klinis pada anak di bawah umur dengan vaksin Abdala dan Soberana buatannya. Pada Senin, Kuba mulai mendistribusikan vaksin pada kelompok usia 2-11 tahun di provinsi tengah Cienfuegos.

3. Negara yang memvaksinasi anak-anak

Vaksinasi Anak Usia 12 - 17 Tahun di Sulawesi Utara Digelar Serentak 15  Kota Kabupaten - Portal Sulut

Sebelumnya telah ada sejumlah negara lain di dunia yang memvaksinasi anak-anak dari usia 12 tahun, dan ada beberapa negara yang melakukan uji coba pada anak-anak yang lebih muda.

Negara-negara seperti China, Uni Emirat Arab dan Venezuela telah mengumumkan bahwa mereka berencana untuk memvaksinasi anak-anak yang lebih kecil, tetapi Kuba menjadi yang pertama melakukannya.

Sementara itu Chili pada Senin baru menyetujui vaksin Sinovac buatan China untuk anak-anak berusia antara enam sampai 12 tahun.

Manfaat pemberian vaksin adalah mencegah penularan penyakit, terutama penyakit infeksi, karena vaksin membuat tubuh mengenali bakteri atau virus penyebab penyakit sehingga bisa lebih cepat memberikan perlawanan.

Bila Anda sudah mendapatkan jadwal vaksinasi COVID-19, sebaiknya lakukanlah vaksinasi sesuai jadwal. Tidak hanya untuk melindungi diri Anda sendiri, tetapi juga orang-orang di sekitar Anda.

Setelah mendapatkan vaksin, Anda bisa melakukan tes serologis untuk melihat apakah tubuh Anda sudah membentuk antibodi atau kekebalan terhadap virus Corona. Namun, tes antibodi ini tidak diwajibkan untuk dilakukan pada populasi umum, melainkan hanya untuk peserta penelitian atau kelompok tertentu.