Pemkot Kota Padang Memperpanjang PPKM Level Empat

Pemkot Kota Padang Memperpanjang PPKM Level Empat

Pemkot Kota Padang Memperpanjang PPKM Level Empat – Pemerintahan kota Padang dipimpin oleh seorang wali kota, yang dipilih secara demokratis berdasarkan UUD 1945, dan dalam penyelenggaraan pemerintahan kota Padang terdiri atas pemerintah kota Padang dan DPRD kota Padang. Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatra Barat, memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang kemudian diganti menjadi istilah PPKM level Empat.

Pemerintah Kota Padang merupakan bagian dari sistem penyelenggaraan pemerintahan daerah di Indonesia, yang menganut sistem desentralisasi, tugas pembantuan, dan dekonsentrasi dalam mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan menurut asas otonomi dan menjalankan otonomi seluas-luasnya serta tugas pembantuan di kota Padang. Merujuk Surat Edaran Wali Kota (Wako) Padang nomor 400.650/BPBD-Pdg/VII/2021, PPKM Level Empat itu akan berlaku hingga 25 Juli 2021 mendatang.

Menurut Wako Padang, Hendri Septa, warganya masih diperbolehkan manjalani aktivitas. Pun dengan pelaku usaha, Dilansir dari idn poker juga diizinkan untuk menjalankan usahanya dengan beberapa catatan dan ketentuan yang berlaku dalam surat edaran tersebut.

1. Surat Edaran menyertakan 20 poin pokok
Kota Padang Perpanjang PPKM, Aturan Menjadi Level Empat  

Terdapat 20 poin pokok yang mengatur tentang PPKM Level Empat itu. Seperti aktivitas belajar mengajar secara daring, batasan 50 persen pelayanan masyarakat untuk sektor esensial dan 25 persen untuk pelayanan perkantoran.

Kegiatan sektor kritikal seperti kesehatan, keamanan, penanganan kebencanaan, energi, logistik, transportasi, dan distribusi bahan pokok pangan, diizinkan beroperasi 100 persen. Lalu jam operasional pusat perbelanjaan dibatasi hingga pukul 21.00 WIB.

“Kita selaraskan sesuai dengan instruksi Presiden. Kita memperpanjang PPKM Darurat,” kata Hendri, Rabu (21/7/ 2021).

2. Pusat perbelanjaan dan warung makan tetap buka
Sejumlah Restoran di Kota Padang Tutup Selama PPKM Darurat | Covesia

Ia juga menambahkan, selama lima hari berlakunya PPKM Level Empat ini, pusat perbelanjaan serta makan dan minum di tempat umum seperti warung makan, kafe, pedagang kaki lima, lapak jajanan, diizinkan beroperasi hingga pukul 21.00 WIB.

“Dapat dilaksanakan dengan ketentuan menerapkan protokol kesehatan. Kapasitas duduk hanya 25 persen,” ujarnya.

3. Pemkot Padang salurkan bantuan beras
Kota Padang Perpanjang PPKM, Aturan Menjadi Level Empat  

Melihat banyaknya warga Padang terdampak PPKM Level Empat, Hendri menegaskan jika pihaknkya juga memberikan bantuan sosial (bansos) berupa beras. Setiap kepala keluarga bakal mendapat beras 10 kilogram. Mereka yang menerima bantuan ini merupakan warga bukan penerima bantuan PKH dan BST.

“Kita putuskan untuk memberi bantuan kepada warga kurang mampu. Mudah-mudahan bisa meringankan akibat pandemik ini. Penyalurannya melalui kelurahan by name by address,” tutupnya.