Presiden Erdogan Siap Bertemu Dengan Para Pemimpin Taliban

Presiden Erdogan Siap Bertemu Dengan Para Pemimpin Taliban

Presiden Erdogan Siap Bertemu Dengan Para Pemimpin Taliban – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan Turki akan mengerahkan segala upaya demi menghadirkan stabilitas di Afghanistan. Erdogan janji akan meningkatkan kerja sama dengan Pakistan untuk mengatasi kekhawatiran bahwa instabilitas dapat memicu gelombang baru migrasi dari Afghanistan.

Kedua presiden menghadiri peluncuran korvet pertama yang dibangun oleh Turki untuk Pakistan. Usai upacara tersebut, kedua pemimpin menggelar sebuah pertemuan dan membahas hubungan bilateral serta situasi terbaru di Afghanistan ketika militan Taliban memasuki Kabul pada Minggu, menurut laporan pers.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, pihaknya siap melindungi bandara Kabul dari apk idn poker Taliban. Erdogan menambahkan, pernyataan itu sedang dibicarakan dengan sejumlah pihak terkait.

1. Melakukan perencanaan sesuai dengan kondisi
Presiden Erdogan Sebut Turki Siap Lindungi Bandara Kabul dari Taliban

Erdogan menuturkan bahwa pihaknya akan merangkai skema pengamanan bandara Kabul sesuai dengan kondisi di lapangan.

“Kami juga sedang bernegosiasi terkait hal itu,” kata Erdogan.

Keterangan Erdogan merujuk pada negosiasi Turki dengan Amerika Serikat (AS) dalam upaya mengamankan dan menjamin operasional bandara Kabul tetap berjalan.

Selain pengamanan bandara, Turki juga membicarakan tentang kemungkinan untuk mempertahankan misi diplomatik pihak-pihak asing, terkhsus setelah Taliban dengan cepat menguasai Afghanistan.

2. Erdogan siap bertemu dengan para pemimpin Taliban
Presiden Erdogan Sebut Turki Siap Lindungi Bandara Kabul dari Taliban

Turki berkomitmen untuk mencapai kesepakatan dengan pihak berwenang. Erdogan mengatakan, dia akan mendukung Afghanistan siapa pun yang memegang kekuasaan nantinya. Dia bahkan siap untuk bertemu dengan pemimpin Taliban.

“Kami menyambut baik pernyataan yang terkendali dan moderat yang dibuat oleh Taliban,” ujar Erdogan.

“Demi ketenganan rakyat Afghanistan, kesejahteraan kerabat Turki kami yang tinggal di sana, dan melindungi kepentingan negara kami, kami terbuka untuk kerja sama apa pun,” lanjutnya.

3. Mengevakuasi 525 warga Turki dari Kabul
Presiden Erdogan Sebut Turki Siap Lindungi Bandara Kabul dari Taliban

Sampai saat ini, sekitar 552 warga Turki telah dievakuasi dari Kabul. Selain itu, para pejabat AS tetap berkomunikasi dengan Ankara untuk mengatur keamanan bandara dan telah menyatakan terima kasih atas peran Turki dalam mengevakuasi warga sipil.

Dilansir dari Al Jazeera, Taliban sebelumnya berjanji tidak akan mengganggu proses evakuasi staf kedutaan asing. Setelah memenangkan perang dan menguasai istana negara, Taliban berkomitmen tidak menggunakan kekuasaannya untuk membalas perbuatan negara-negara Barat, yang selama 20 tahun memerangi militan Islam itu.

Sebelumnya, juru bicara pemerintah China hari Senin (16/08/2021) di Beijing mengatakan China siap memperdalam hubungan “yang bersahabat dan kooperatif” dengan Afghanistan. Hal ini setelah Taliban menguasai negara itu menyusul jatuhnya Ibu Kota Kabul ke tangan Taliban.

Beijing mempertahankan hubungan tidak resmi dengan Taliban selama penarikan pasukan Amerika Serikat dari Afghanistan, yang membuat Taliban mampu menguasai ibu kota di Kabul.