Presiden Jokowi Minta RS Daerah Menambah Tempat Tidur Pasien

Presiden Jokowi Minta RS Daerah Menambah Tempat Tidur Pasien

Presiden Jokowi Minta RS Daerah Menambah Tempat Tidur Pasien – Rumah Sakit adalah lembaga pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan dan gawat darurat yang pelayanannya disediakan oleh dokter, perawat dan tenaga ahli kesehatan lainnya.

Perbandingan antara jumlah tempat tidur rumah sakit dengan jumlah penduduk Indonesia masih sangat rendah. Untuk 10 ribu penduduk cuma tersedia 6 ranjang rumah sakit.

Presiden Joko “Jokowi” Widodo meminta rumah sakit yang ada di daerah menambah apk idn poker alokasi tempat tidur untuk pasien COVID-19. Menurutnya, jumlah tempat tidur di setiap rumah sakit bisa dinaikan hingga 40-50 persen. Jokowi juga meminta kepada kepala daerah untuk mengetahui data rumah sakit untuk pasien COVID-19 dan bukan yang ada di wilayahnya.

1. Jokowi minta penyaluran bantuan dipercepat
Jokowi Minta RS di Daerah Tambah Tempat Tidur buat Pasien COVID-19

Sebelumnya, Jokowi menyoroti soal percepatan belanja daerah dan percepatan bantuan sosial, terutama yang berkaitan dengan bantuan UMKM, dana bantuan sosial, dan Dana Desa. Berdasarkan data yang diterima Jokowi, anggaran UMKM untuk seluruh daerah ada Rp13,3 triliun, sementara yang tersalurkan baru Rp2,3 triliun.

“Padahal kita sekarang ini butuh sekali. Rakyat butuh sekali. Rakyat menunggu. Sehingga saya minta ini agar segera dikeluarkan. Perlindungan sosial ada anggaran, di catatan saya, Rp12,1 triliun. Realisasi juga baru Rp2,3 triliun. Belum ada 20 persen semuanya. Padahal rakyat menunggu ini,” kata Jokowi saat rapat bersama pimpinan daerah, yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (19/7/2021)

2. Jokowi sebut Dana Desa yang tersalur baru 25 persen
93 Desa Kudus Cairkan Dana Desa

Demikian halnya dengan Dana Desa yang totalnya mencapai Rp72 triliun. Dari jumlah tersebut, Rp28 triliun dipergunakan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

Namun, Jokowi menyampaikan realisasi yang sudah disalurkan baru mencapai Rp5,6 triliun atau kurang dari 25 persennya.

“Ini yang saya minta semuanya dipercepat. Sekali lagi, dengan kondisi seperti ini, percepatan anggaran, sangat dinanti oleh masyarakat,” ucapnya.

3. Jokowi minta kepala daerah siapkan tempat isolasi pasien gejala ringan dan OTG
Jokowi Minta RS di Daerah Tambah Tempat Tidur buat Pasien COVID-19

Kemudian, Jokowi juga meminta kepala daerah agar menyiapkan tempat-tempat isolasi terpusat untuk pasien COVID-19 bergejala ringan maupun tanpa gejala, terutama di wilayah padat penduduk. Menurutnya, tanpa adanya tempat isolasi terpusat, kecepatan penularan COVID-19 di wilayah padat penduduk tersebut bisa terjadi semakin cepat dan masif.

“Penyiapan rumah isolasi terutama untuk yang bergejala ringan. Kalau bisa, ini sampai di tingkat kelurahan atau desa, ini akan lebih baik. Kalau tidak, paling tidak, ada isolasi terpusat di tingkat kecamatan terutama ini untuk kawasan-kawasan yang padat, utamanya di kota-kota, ini harus ada,” terang Jokowi.

“Karena cek lapangan yang saya lakukan untuk kawasan-kawasan padat, (rumah berukuran) 3×3 (meter) dihuni oleh empat orang. Saya kira ini kecepatan penularan akan sangat masif, kalau itu tidak disiapkan isolasi terpusat di kelurahan itu atau paling tidak di kecamatan,” ucapnya.

Selama abad pertengahan, rumah sakit juga melayani banyak fungsi di luar rumah sakit yang kita kenal pada zaman sekarang, misalnya sebagai penampungan orang miskin atau persinggahan musafir.

Beberapa pasien bisa hanya datang untuk diagnosis atau terapi ringan untuk kemudian meminta perawatan jalan, atau bisa pula meminta rawat inap dalam hitungan hari, minggu, atau bulan. Rumah sakit dibedakan dari institusi kesehatan lain dari kemampuannya memberikan diagnosa dan perawatan medis secara menyeluruh kepada pasien.