Satgas Meminta Mengurangi Aktivitas PON XX Agar Cegah Covid

Satgas Meminta Mengurangi Aktivitas PON XX Agar Cegah Covid

Satgas Meminta Mengurangi Aktivitas PON XX Agar Cegah Covid – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 adalah sebuah gugus tugas yang dibentuk pemerintah Indonesia untuk mengkoordinasikan kegiatan antarlembaga dalam upaya mencegah dan menanggulangi dampak penyakit koronavirus baru di Indonesia.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito meminta para kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, mengurangi aktivitas di luar pertandingan guna mencegah penyebaran virus corona. Wiku menyampaikan, saat ini sudah ada 34 kontingen PON yang positif COVID-19.

“Saat ini pemerintah memperketat monitoring dan evaluasi kepatuhan protokol kesehatan dengan mencuci tangan dan menjaga jarak selama perhelatan PON dilakukan, termasuk meminta seluruh kontingen membatasi aktivitas di luar pertandingan,” ujar Wiku dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di kanal YouTube BNPB Indonesia, Kamis (7/10/2021).

1. Satgas sebut kontingen yang positif sudah ditangani tenaga kesehatan setempat
Satgas Minta Aktivitas Kontingen PON Dibatasi untuk Cegah COVID-19

Meski begitu, Wiku menyebut bahwa kontingen yang positif COVID-19 sudah ditangani secara profesional oleh tenaga kesehatan setempat. Hal ini untuk mencegah meluasnya penularan kepada kontingen lainnya atau masyarakat.

“Selain itu, upaya pengendalian COVID-19 yang dilakukan oleh pemerintah yaitu menyusun kebijakan terkait kewajiban menjalankan protokol kesehatan yang ketat, bahkan setelah sampai ke daerah asal melakukan karantina, serta melakukan testing ulang untuk benar-benar menjamin yang bersangkutan sehat saat berangkat di perjalanan maupun saat pulang kembali ke rumah,” jelas Wiku.

2. Fasilitas isolasi terpusat sudah terisi 11 persen
Satgas Minta Aktivitas Kontingen PON Dibatasi untuk Cegah COVID-19

Wiku memaparkan, berdasarkan data 5 Oktober 2021, terdapat 58 fasilitas isolasi terpusat yang tersebar di Provinsi Papua. Menurut data, keterisiannya sudah mencapai 11 persen dan tersedia 2.027 tempat tidur.

“Pemerintah setempat akan terus mengawasi sirkulasi keluar masuk pasien dan berupaya keras setiap pasien yang menjalani isolasi sembuh,” terangnya.

3. Satgas minta semua partisipan dan kontingen PON mematuhi protokol kesehatan COVID-19
Satgas Minta Aktivitas Kontingen PON Dibatasi untuk Cegah COVID-19

Lebih lanjut, Wiku meminta kepada seluruh partisipan, rombongan hingga kontingen PON untuk mematuhi protokol kesehatan COVID-19. Dia pun mengapresiasi seluruh panitia, khususnya tim kesehatan yang tanggap dalam melakukan penanganan kasus positif.

“Terdapat 34 kasus positif COVID-19 dalam PON Papua, mereka yang positif seluruhnya tanpa gejala dan diharapkan dapat segera pulih. Seluruh partisipan PON wajib menjalankan protokol kesehatan secara ketat saat tiba di daerah asal melalui karantina dan tes ulang sebagai upaya untuk memastikan kesehatan kontigen pasca-PON,” tutur Wiku.