Sebanyak 14 RS di Banten Mendapat Bantuan Oksigen 120 Ton

Sebanyak 14 RS di Banten Mendapat Bantuan Oksigen 120 Ton

Sebanyak 14 RS di Banten Mendapat Bantuan Oksigen 120 Ton – Asda II Pemprov Banten M Yusuf mengatakan, penyerahan bantuan itu dilakukan secara simbolis oleh PT Chandra Asri kepada Gubernur Banten. Menurutnya, pihak Pemprov akan bekerja sama dengan Asosiasi Rumah Sakit Daerah (Arsada) Banten untuk mendistribusikan bantuan itu pada masyarakat.

Asisten Daerah Banten M Yusuf mengatakan sebanyak 14 rumah sakit (RS) di Banten yang tergabung dalam Asosiasi Rumah Sakit Daerah (Arsada) mendapatkan bantuan oksigen sebanyak 120 ton yang akan disalurkan untuk pemenuhan kebutuhan penanganan pasien COVID-19 selama dua bulan dari PT Chandra Asri.

“Sebagaimana diketahui, pasien Covid-19 banyak yang berada di rumah sakit daerah, maka prioritas kita saat ini kepada Arsada,” katanya. “Hari ini bersama PT Chandra Asri, Disperindag Banten dan PT Utama Gas menerima bantuan secara simbolis dari Gubernur melalui zoom meeting. Chandra Asri membantu 120 ton oksigen selama dua bulan ke depan,” ujar Yusuf dikutip dari idn poker, Senin (19/7/2021).

1. Hasil kerja sama dengan Arsada Banten
Rumah Sakit di Banten Terima Bantuan Oksigen Sebanyak 120 Ton

Pendistribusian bantuan oksigen yang diperoleh oleh rumah sakit Banten dikatakan oleh Yusuf merupakan hasil kerja sama dengan Arsada Banten. Ia juga mengatakan banyak pasien COVID-19 yang saat ini menjalani perawat di rumah sakit pemerintah dan membutuhkan banyak oksigen.

“Untuk saat ini ke Arsada dulu, mungkin ke depan nanti ke rumah sakit lainnya. Mudah-mudahan ada bantuan dari pihak lain juga,” ujarnya.

2. Kebutuhan oksigen masih tinggi
Rumah Sakit di Banten Terima Bantuan Oksigen Sebanyak 120 Ton

Sebelumnya, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Banten Babar Suharso mengatakan banyak pihak lain yang juga turut menyumbangkan bantuan oksigen baik dari produsen maupun distributor. Namun, kebutuhan oksigen juga masih tinggi mengingat kasus COVID-19 di Banten juga meningkat.

“Bantuan oksigen ini biasanya disalurkan melalui satuan tugas (satgas) oksigen nasional, ada bantuan dari produsen, juga yang dari BUMN dari PT KS itu ada 100 tabung perhari ke RS juga. Kemudian ketiga untuk di Banten, ada tambahan sumbangan dari PT Chandra Asri sebanyak 120 ton selama dua bulan, berarti satu bulannya 60 ton,” ujar Babar.

3. Akan langsung didistribusikan ke RS hari ini sebanyak 20 ton
Rumah Sakit di Banten Terima Bantuan Oksigen Sebanyak 120 Ton

Babar menyebut pendistribusian oksigen akan langsung dikirim mulai hari ini sebanyak 20 ton kepada 14 RS yang tergabung dalam Arsada Banten.

“Di RS itu, kebutuhan oksigen dua macam. Ada berbentuk tabung dan oksigen cair yang ditampung di dalam tangki di masing-masing RS. Yang paling besar kebutuhan di tabung yang disiapkan PT Utama Gas ini untuk memenuhi kebutuhan oksigen di RS,” jelasnya.