Seorang Siswa SMP Negeri 10 Depok Positif COVID-19

Seorang Siswa SMP Negeri 10 Depok Positif COVID-19

Seorang Siswa SMP Negeri 10 Depok Positif COVID-19 – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok Dadang Wihana menyebutkan ditemukan satu kasus Covid-19 saat PTM Terbatas di sebuah sekolah. Kasus Covid-19 itu ditemukan di SMP Negeri 10 Bedahan Depok pada dua pekan lalu. “Kami sampaikan bahwa di SMPN 10 Bedahan, ditemukan 1 kasus konfirmasi positif,” kata Dadang kepada wartawan, Senin 18 Oktober 2021 malam.

Dadang mengatakan saat ini Satgas Covid-19 telah melakukan mitigasi terhadap temuan seorang pelajar positif Covid-19 tersebut. “Sebagai langkah mitigasi kita, untuk mereka yang kontak erat dilakukan swab antigen dan PCR, baik yang satu kelas maupun yang ada di dalam satu shift,” kata Dadang.

“Sesuai dengan perwa (Peraturan Wali Kota), jika ditemukan 1 kasus, sekolah (tersebut) dilakukan mitigasi, dilakukan penutupan satu minggu, dan siswa kembali melaksanakan belajar dari rumah,” kata jubir Satgas Covid-19 Kota Depok itu.

1. Satgas masih menelusuri asal siswa terpapar COVID-19
Berawal 1 Siswa Alami Batuk dan Demam Saat PTM, Terbongkar 6 Siswa Lainnya  Positif Covid-19 Halaman all - Kompas.com

Dadang menjelaskan, Satgas Penanganan COVID-19 Kota Depok masih menelusuri asal siswa tersebut terpapar virus corona. Siswa tersebut kini berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Statusnya OTG, sekarang kita masih mencari tahu awal tertularnya,” ucap dia.

Dadang menuturkan, sesuai ketentuan Peraturan Wali Kota Depok dilakukan mitigasi terhadap siswa yang terkonfirmasi positif COVID-19 saat PTM Terbatas.

“Kita melalukan mitigasi hingga penanganan di sekolah,” kata dia.

2. Dilakukan tes swab antigen dan PCR pada guru dan siswa

Pemkot Bandung Bakal Gelar Tes Swab Antigen Secara Acak Terhadap Siswa dan  Guru Peserta PTM - Galamedia News

Sesuai ketentuan Perwal Kota Depok, apabila terdapat siswa terkonfirmasi positif COVID-19 saat PTM Terbatas, akan dilakukan tes swab antigen dan PCR. Siswa yang kontak erat maupun guru juga harus tes swab.

“Hari ini dilakukan tes swab mulai dari siswa, guru, dan karyawan sekolah,” ungkap Dadang.

Dadang mengatakan, tes antigen dan PCR dilakukan pada siswa yang satu kelas dengan siswa yang terkonfirmasi positif COVID-19, dan juga siswa yang menggunakan kelas yang sama.

“Tenaga pendidik dilakukan tes swab semua, begitu juga dengan siswa di kelas yang berjumlah 15 orang,” tutur dia.

3. Pembelajaran dialihkan secara online
Sistem Belajar Online Munculkan Masalah Perilaku Buruk dalam Berkomunikasi  | Harianjogja.com

Dadang mengatakan, selain tes antigen dan swab, sekolah tersebut dilakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan, untuk mencegah penularan COVID-19 di SMPN 10 Depok.

“Selain itu, kegiatan PTM Terbatas tidak boleh dilaksanakan selama satu pekan,” ujar dia.

Dadang menyebutkan, saat ini kegiatan PTM Terbatas di sekolah tersebut ditiadakan, dan dialihkan melalui pembelajaran secara daring.

Nantinya, kata Dadang, sekolah tersebut akan melakukan PTM Terbatas kembali setelah mendapatkan arahan dari Satgas Penanganan COVID-19 Kota Depok.