Seorang Kakek yang Positif Corona Telah Kabur saat Karantina

Seorang Kakek yang Positif Corona Telah Kabur saat Karantina

Seorang Kakek yang Positif Corona Telah Kabur saat Karantina – Positif COVID-19 bukan berarti akhir dari dunia. Virus corona memang berbahaya, tetapi pada beberapa orang, virus ini bisa menimbulkan gejala yang cukup ringan atau tidak bergejala sama sekali. Meski pada beberapa orang lainnya bisa timbul gejala yang berat, hingga berujung fatal. Seorang lansia yang diketahui terpapar virus corona kabur dari tempat isolasi di Pusdiklat BPKP, Ciawi, Bogor, Jawa Barat.

Lansia tersebut bernama Babay Sofyan, berusia 73 tahun dan warga RT 01/05, Kelurahan Pasir Jaya, Dilansir dari Apk IDN Poker Kecamatan Bogor Barat. Babay kabur setelah mengelabui petugas di Pusdiklat BPKP Ciawi.

Hingga kini ia belum ditemukan, dan petugas satgas COVID-19 dan keluarga masih mencari keberadaan kakek tersebut.

1. Kakek Babay positif COVID-19 sejak Sabtu, 5 Juni 2021
Lansia Positif Corona Kabur dari Tempat Isolasi Ciawi, Dicari Petugas

Lurah Pasir Jaya, Susan Hendar Susanti mengatakan, Babay diketahui terpapar COVID-19 setelah sebelumnya mengalami demam. Begitu hasil tes swab keluar dan Babay ternyata positif, RW dan kelurahan langsung menyiapkan ruang isolasi untuk Babay.

“Kami (Lurah Pasir Jaya) punya ruang isolasi mandiri, rencananya Pak Babay mau diisolasi di sana tapi tidak mau. Sabtu (5/6/2021), dia sempat kabur saat ingin diisolasi pukul 9.30 WIB tapi kembali pukul 23.00 dan akhirnya diisolasi,” kata Lurah Susan.

Namun, Babay tidak kooperatif dan susah diatur. Takut berdampak pada warga sekitar, akhirnya pada Minggu (6/6/2021) sekitar pukul 14.00 WIB, Babay dibawa ke Pusdiklat BPKP Ciawi, Kabupaten Bogor.

“Awalnya kami tenang, karena Pak Babay sudah bersedia diisolasi, tapi kemarin dapat kabar, Pak Babay malah kabur,” kata Susan saat ditemui.

2. Kabur dengan mengelabui petugas

Susan menceritakan, Babay kabur dengan santai keluar dari tempat isolasi. Kepada petugas dia mengaku telah menyelesaikan isolasi dan sedang menunggu jemputan. Dengan alasan ini, tidak ada satu pun petugas menyangka bahwa mereka sedang dikelabui.

“Dia keluar aja santai, bilang sudah selesai dan menunggu dijemput,” kata Susan.

Susan juga menyayangkan pengawasan di Pusdiklat BPKP Ciawi. Dia berharap pengawasan diperketat sehingga kejadian serupa tidak terulang. Menurutnya, di Kelurahan Pasir Jaya terdapat dua kasus COVID-19. Selain Babay, ada juga warga RW 04, Kelurahan Pasir Jaya, yang positif corona.

“Ada dua kasus di Kelurahan Pasir Jaya, tapi yang satu kooperatif, saat ini sedang menjalani perawatan di RSUD Kota Bogor,” kata Susan.

3. Jika ada yang melihat, segera laporkan ke kelurahan
Lansia Positif Corona Kabur dari Tempat Isolasi Ciawi, Dicari Petugas

Saat ini satgas COVID-19 tingkat kelurahan terus mencari Babay, bahkan foto Babay juga telah disebar, sehingga kepada warga yang melihat bisa melaporkan langsung ke kelurahan untuk segera diisolasi lagi.

“Jika ada yang melihat segera laporkan ke kelurahan atau pihak keluarga, untuk kemudian ditindak lanjuti,” kata Susan.