Tips Buat Kamu yang Sulit Menolak Permintaan Orang Lain

Tips Buat Kamu yang Sulit Menolak Permintaan Orang Lain

Tips Buat Kamu yang Sulit Menolak Permintaan Orang LainPeople pleaser adalah sebutan bagi seseorang yang selalu berusaha untuk menyenangkan orang-orang di sekitarnya. Bagi para wanita, sifat ini juga bisa disebut dengan good girl syndrome.

Seorang people pleaser akan memiliki kecenderungan untuk melakukan apa pun agar orang lain tidak kecewa terhadapnya. Merasa cuma dimanfaatkan oleh orang lain memang gak enak banget.

Kamu seperti kapok untuk kembali berbuat baik pada apk idn poker orang lain, tetapi di kemudian hari tetap sulit menolak permintaan orang. Akhirnya, ini cuma seperti siklus yang terus berulang. Lagi-lagi kamu kecewa berat setelah memenuhi keinginan orang lain.

1. Gak usah menceritakan semua yang kamu miliki
6 Tips agar Kamu Gak Sering Dimanfaatkan Orang Lain

Orang ingin memanfaatkanmu tentu ada alasannya. Terutama soal harta benda. Jika orang gak tahu kamu punya banyak harta, dia gak mungkin berusaha memanfaatkanmu.

Jangankan hendak memanfaatkanmu, mendekatimu sebagai teman saja belum tentu semua orang mau. Gak berarti kamu lantas perlu berpura-pura miskin buat menutupi kekayaanmu.

Namun paling gak, janganlah banyak bercerita soal tabungan dan investasi yang dimiliki atau warisan yang didapatkan dari orangtua pada orang lain. Beberapa orang mungkin saja seketika tergiur bila mendengarnya.

2. Jaga jarak dari orang yang hanya mendekatimu saat ada maunya atau ketika kamu senang
6 Tips agar Kamu Gak Sering Dimanfaatkan Orang Lain

Dia saja menjaga jarak darimu saat gak butuh apa-apa dari kamu atau ketika kamu dalam kesulitan. Jadi, kamu juga berhak kok, untuk tetap mempertahankan jarak aman saat dia berusaha mendekatimu demi sesuatu atau kamu lagi bernasib baik.

Bukan buat mendendam, tetapi orang yang seperti ini memang ada. Sebaiknya, kamu jangan terlalu lugu kalau gak ingin cuma menelan kekecewaan di kemudian hari.

Sudah paling benar untukmu selalu memprioritaskan orang-orang yang setia padamu baik di saat kamu mujur maupun hancur. Sedang orang yang datang hanya ketika butuh sesuatu darimu sebaiknya dicuekin aja.

3. Harus berani menolak permintaan yang menurutmu gak penting atau gak masuk akal
6 Tips agar Kamu Gak Sering Dimanfaatkan Orang Lain

Buat kamu yang sering gak enak hati pada orang lain, menolak permintaan mereka memang terasa berat banget. Akan tetapi, kamu juga tahu risikonya bila gak pernah berani menolak permintaan orang lain.

Masa permintaan gak masuk akal, memberatkanmu alias melebihi kemampuanmu, dan seharusnya dapat dipenuhinya sendiri akan tetap kamu turuti?

Dia saja gak cukup peduli dengan batas kemampuanmu. Jadi, kenapa kamu harus repot-repot untuknya? Lagi pula, nanti dia terlalu manja padamu dengan sedikit-sedikit memintamu melakukan ini itu untuknya.

4. Jangan terbebani citra sebagai orang baik
6 Tips agar Kamu Gak Sering Dimanfaatkan Orang Lain

Kesan orang lain bahwa kamu pribadi yang baik memang penting. Siapa juga yang ingin dikenal sebagai orang jahat, kan?

Namun jika kamu sampai sulit menolak permintaan orang karena takut dianggap jahat, itu namanya konyol. Kamu gak lantas berubah jahat hanya lantaran gak bisa atau gak mau menuruti permintaan setiap orang, kok.

Dalam hal ini, ketegasanmu sangatlah penting. Sekali kamu gak mampu bersikap tegas, orang lain akan melihatnya sebagai celah yang dapat terus dimanfaatkan.

5. Bersikap kritislah
6 Tips agar Kamu Gak Sering Dimanfaatkan Orang Lain

Tunjukkan bahwa kamu gak asal menyetujui permintaan apa pun. Tanyakan padanya apa urgensi dari permintaannya, mengapa harus kamu yang melakukannya, apakah dia tidak bisa melakukannya sendiri, dan apa untungnya buatmu bila kamu bersedia.

Biar saja dia menganggapmu cerewet. Jika dia bersungguh-sungguh dengan keperluannya padamu, dia harus menjawab semua pertanyaan di atas dengan gamblang.

Kalau kamu selalu oke-oke saja, kamu akan makin ‘dijajah’ oleh orang lain. Kemerdekaanmu sebagai individu haruslah dijaga dengan menggunakan hakmu untuk bersikap kritis kepada semua orang yang memiliki maksud tertentu padamu.

6. Namun ingat, kadang kamu juga perlu membantu orang lain
6 Tips agar Kamu Gak Sering Dimanfaatkan Orang Lain

Hanya karena kamu sudah capek sering dimanfaatkan orang lain, jangan lantas kamu gagal membedakan antara orang yang hanya ingin memanfaatkanmu dengan orang yang memang perlu dibantu.

Jika kamu asal gak mau lagi membantu siapa pun, kamu malah akan terkucil dari pergaulan. Kamu akan dianggap sombong dan bila kelak kamu tertimpa kesulitan, orang lain juga enggan membantumu.

Oleh karena itu, kamu harus belajar untuk selektif. Jangan mencurigai semua orang yang berusaha mendekatimu, tetapi juga jangan terlalu cepat percaya.

Orang yang suka memanfaatkan orang lain itu sangat pemilih terkait korbannya. Sebelum terang-terangan meminta sesuatu darimu, dia pasti sudah melakukan pengamatan yang mendalam tentangmu.

Tidak ada penyebab pasti mengapa seseorang menjadi people pleaser. Namun diketahui bahwa orang yang insecure dan memiliki trauma masa lalu, seperti pelecehan seksual atau broken home, cenderung akan tumbuh menjadi people pleaser.

Tanda yang paling terlihat dari people pleaser adalah sulit untuk mengatakan tidak atau menolak permintaan seseorang. People pleaser akan berusaha keras untuk melakukan hal yang diminta orang lain demi kebahagiaan orang tersebut.