Virus COVID-19 Terbaru Varian Kappa Telah Muncul di Jakarta

Virus COVID-19 Terbaru Varian Kappa Telah Muncul di Jakarta

Virus COVID-19 Terbaru Varian Kappa Telah Muncul di Jakarta – Indonesia kembali dihebohkan dengan masuknya varian baru corona (Covid-19). Varian baru tersebut bernama varian Kappa yang diidentifikasi di DKI Jakarta dan Sumatera Selatan menurut data dari LBM Eijkman. Pakar epidemiologi Universitas Griffith Australia Dicky Budiman menyebut varian Kappa juga tengah melanda Australia. Varian turunan B1617 ini sebetulnya bisa menular lebih cepat dalam hitungan detik.

Menurut Dicky, varian Kappa memiliki potensi karakteristik yang mirip dengan varian Delta B1617.2. Maka dari itu, orang dengan pengidap komorbid perlu waspada jika terpapar varian Kappa, ada kemungkinan besar mengalami gejala COVID-19 serius. Beda gejala COVID-19 varian Kappa dengan varian lainnya diyakini Dicky tak begitu signifikan.

Namun, yang menjadi catatan Dicky adalah potensi beban fasilitas kesehatan meningkat jika penularan varian Kappa sama dengan download idn poker terbaru 2020 varian Delta. Menanggapi hal ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria tak menampik adanya peningkatan varian di DKI Jakarta. Dia meminta agar masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan karena varian virus ini terbilang berbahaya dan cepat menular walau juga cepat hilang.

1. Saat ini ada 128 kasus varian COVID-19 di Jakarta
Fakta Corona Varian Kappa yang Muncul di Jakarta | Popmama

Varian Kappa sangat menular dan berimbas pada lockdown di Victoria, Australia. Menurut Jeroen Weimar, komandan COVID-19 di negara bagian tersebut, varian Kappa menular dari orang asing ke orang asing akibat kontak sekilas.

Dari data yang dijabarkan, temuan kasus varian baru di Jakarta saat ini berjumlah 128 kasus dengan proporsi 111 varian Delta, 11 varian Alpha, 5 Beta dan satu Kappa.

Varian Delta mendominasi sebesar 87 persen dari total temuan kasus varian baru yang telah diidentifikasi di Jakarta yang masuk dalam “variant of concern”.

2. Ada 29 balita terinfeksi varian COVID-19
Waspada! COVID-19 Varian Kappa Muncul di Jakarta, Lebih Cepat Menular

Sementara itu, kasus varian baru juga banyak diidentifikasi pada segmen anak-anak usia balita dan usia 6-18 tahun. Hingga data ini dijabarkan oleh Anies yakni 29 Juni, ada 29 anak usia 0-5 tahun yang terinfeksi varian COVID-19.

Kemudian, ada 25 kasus untuk usia 6-18 tahun, 71 kasus usia 19-59 kasus dan dua kasus menginfeksi lansia 60 tahun ke atas.

3. Kadinkes minta ada antisipasi dari warga
Waspada! COVID-19 Varian Kappa Muncul di Jakarta, Lebih Cepat Menular

Sedangkan, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti menjelaskan bahwa masyarakat diminta waspada karena penyebaran dan penularannya terbilang cepat.

“Tentu yang varian baru kita harus waspada, karena percepatan penyebaran penularan lebih cepat, antisipasi, prokes harus ketat, mobilisasi warga harus dibatasi dengan baik,” ujarnya di Jakarta.

COVID-19 varian Kappa sangat menular dan berimbas pada lockdown Victoria, Australia. Varian Kappa pertama kali terdeteksi di India dengan lebih dari 3.500 kasus dari 30.000 sampel yang dikirimkan ke lembaga genom virus dunia, GISAID. Setelah India, Kappa kemudian ditemukan di Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Israel dan kini Indonesia.