Wajar Bila Kamu Memilih Sikap Seperti ini Kepada Orang Lain

Wajar Bila Kamu Memilih Sikap Seperti ini Kepada Orang Lain

Wajar Bila Kamu Memilih Sikap Seperti ini Kepada Orang Lain – Sikap adalah pernyataan evaluatif terhadap objek, orang atau peristiwa. Hal ini mencerminkan perasaan seseorang terhadap sesuatu. Sikap mempunyai tiga komponen utama: kesadaran, perasaan, dan perilaku. Keyakinan bahwa “Diskriminasi itu salah” merupakan sebuah pernyataan evaluatif.  Opini semacam  ini adalah komponen kognitif dari sikap yang menentukan tingkatan untuk bagian yang lebih penting dari sebuah sikap -komponen afektifnya.

Perasaan adalah segmen emosional atau perasaan dari sebuah sikap dan tercermin dalam pernyataan seperti “Saya tidak menyukai John karena ia mendiskriminasi orang-orang minoritas.” Akhirnya, perasaan bisa menimbulkan hasil akhir dari perilaku. Komponen perilaku dari sebuah sikap merujuk pada suatu maksud untuk berperilaku dalam cara tertentu terhadap seseorang atau sesuatu.

Cara kamu bersikap, memang dipengaruhi oleh seperti apa karaktermu dan pelajaran hidup apa saja yang kamu peroleh. Tipe orang yang gak enakan dan sensitif, tentu bakal lebih rumit memikirkan pilihan Aplikasi Poker77 sikapnya sendiri ketimbang orang cuek dan apa adanya.  Tapi, pelajaran hidup bisa mengubah dan menyeimbangkan sikap seseorang menjadi lebih bijak. Seperti pilihan sikap ke orang lain yang kadang bikin kita merasa bersalah, padahal wajar dilakukan.

1. Menjauhi mereka yang bisa menularkan dampak negatif
5 Pilihan Sikap ke Orang Lain yang Wajar Dilakukan, Gak Salah Kok!

Gak mudah memang berpindah dari pergaulan lama. Apalagi kalau kamu sudah dekat dengan mereka. Tapi kalau mereka punya andil besar dalam memperburuk kualitasmu, mundur perlahan bukan langkah yang salah.

Seperti apa teman-teman disekelilingmu, menunjukkan siapa kamu. Kalau pandangan hidup sudah gak sinkron, tetap bertahan dalam pergaulan lama rasanya bakal gak nyaman dan ‘gak nyambung’. Dari gaya hidup saja, sudah berbeda, kan? Menjauh adalah sikap yang wajar.

2. Menegaskan keinginan diri untuk didengar dan diperhatikan
5 Pilihan Sikap ke Orang Lain yang Wajar Dilakukan, Gak Salah Kok!

Gak apa-apa kalau kamu sengaja minta didengar. Kadang orang lain kurang peka untuk melihat kondisimu yang sebenarnya butuh diperhatikan. Ketakutan bikin orang lain tersinggung atau kecewa, jangan sampai bikin kamu hanya diam dalam situasi yang merugikan.

Saatnya kamu bersuara, meski kalimatmu bakal sedikit menyentil orang lain. Sikap ini wajar, kok! Sebab jika kamu terus diam, orang lain akan tetap mengacuhkan kepentinganmu dan mengira kamu baik-baik saja.

3. Berprogres dengan caramu meski lebih lambat dari orang lain
5 Pilihan Sikap ke Orang Lain yang Wajar Dilakukan, Gak Salah Kok!

Penilaian orang lain itu bukan sesuatu yang harus menguras waktu dan pikiranmu. Kamu memang gak bisa mengabaikan begitu saja, tapi hidupmu bakal lebih bahagia jika kamu bisa mengapresiasi diri dengan kekurangan dan kelebihan yang ada.

Gak perlu membandingkan pencapaianmu dengan orang lain, sebab kemampuan kalian memang berbeda. Syukuri usahamu. Ucapankan terima kasih pada dirimu yang sudah bekerja keras.

4. Tetap jadi diri sendiri meski berbeda dengan kebanyakan orang
5 Pilihan Sikap ke Orang Lain yang Wajar Dilakukan, Gak Salah Kok!

Berani tampil beda itu bukan hal yang memalukan. Buat apa mengikuti tren di sekitarmu, tapi bersebrangan dengan hatimu? Selama pilihanmu benar dan gak ada orang yang dirugikan, menjadi berbeda gak bikin kamu tercela.

Penerimaan di awal mungkin memang sulit, itu karena orang disekitarmu belum terbiasa. Tetaplah melangkah dengan percaya diri dan bersikap baik, lambat laun perbedaanmu pasti jadi sesuatu yang wajar.

5. Berani bilang ‘gak bisa’ ketika situasimu memang gak memungkinkan
5 Pilihan Sikap ke Orang Lain yang Wajar Dilakukan, Gak Salah Kok!

Menolak permintaan orang lain itu memang susah-susah gampang. Tipe orang gak enakan, bahkan butuh nyali besar untuk sekadar bilang ‘gak bisa’. Meringankan kesulitan orang lain itu sikap mulia, tapi kamu harus bisa membedakan mana orang yang benar-benar butuh dan mana yang justru keenakkan memanfaatkan bantuanmu.

Menolak satu atau dua kali adalah sikap yang wajar. Cobalah untuk lebih tegas, sebab kamu juga punya kepentingan yang gak bisa dinomorduakan.

Caramu bersikap, gak harus selalu tergantung pada penilaian orang lain. Sedikit mengecewakan, membiarkan dan berbeda dari mereka adalah hal yang wajar dalam hidup. Gak ada orang yang sanggup menyenangkan orang lain sepenuhnya.

Pada akhir tahun 1960-an, hubungan yang diterima tentang sikap dan perilaku ditentang oleh sebuah tinjauan dari penelitian. Berdasarkan evaluasi sejumlah penelitian yang menyelidiki hubungan sikap-perilaku, peninjau menyimpulkan bahwa sikap tidak berhubungan dengan perilaku atau, paling banyak, hanya berhubungan sedikit. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa sikap memprediksi perilaku masa depan secara signifikan dan memperkuat keyakinan semula dari Festinger bahwa hubungan tersebut bisa ditingkatkan dengan memperhitungkan variabel-variabel pengait.