Warga Bojonegoro Positif COVID-19 Varian Baru Strain India

Warga Bojonegoro Positif COVID-19 Varian Baru Strain India

Warga Bojonegoro Positif COVID-19 Varian Baru Strain India – Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) mengatakan pada Rabu bahwa readyviewed varian Covid-19 dari India sudah menyebar ke banyak negara di seluruh dunia. WHO mencatat varian covid India ini sudah masuk ke 44 negara. Badan kesehatan PBB ini mengatakan varian B.1.617 dari Covid-19 pertama kali ditemukan di India pada Oktober. Saat ini telah terdeteksi dalam urutan yang diunggah ke database akses terbuka GISAID di 44 negara.

WHO menambahkan telah menerima laporan deteksi dari lima negara tambahan. Sebelumnya WHO mengatakan Covid India bisa disebut ‘ancaman’ kesehatan global. Covid India disebut terbukti lebih cepat menyebar dibandingkan virus asli dan beberapa bukti memperlihatkan mutasi ini dapat menghindari perlindungan vaksin yang ada saat ini.

Satu dari 14 rombongan peziarah asal Kabupaten Bojonegoro dinyatakan terinfeksi virus corona varian baru strain India B1617.2 atau Delta. Virus ini ditemukan saat sejumlah petugas melakukan tes swab masal kepada setiap pengendara yang melintas di Aplikasi Poker77 Jembatan Suramadu pada 6 Juni 2021, lalu.

1. Dua orang lainnya juga dinyatakan positif COVID-19 usai berziarah di Madura
Pulang dari Madura, Warga Bojonegoro Terpapar COVID-19 Varian Baru

Selain itu, dua orang yang masih satu keluarga dengan pasien yang terpapar virus corona varian baru juga diketahui positif COVID-19. Mereka sebelumnya juga baru saja mengikuti ziarah ke Madura.

“Iya mas satu orang warga Kecamatan Bojonegoro kota yang terpapar virus corona varian baru. Dua anggota keluarganya juga saat ini dinyatakan positif COVID-19 usai berziarah ke Madura,” kata Jubir Gugus Tugas COVID-19 Bojonegoro Masirin, saat dihubungi IDN Times, Rabu (16/6/2021).

“Jadi 14 orang ini pergi ke Madura dalam rangka berziarah yang diadakan oleh salah satu kampus di Bojonegoro. Kemudian saat di tes ada yang positif COVID-19 varian baru,” ia menambahkan.

2. Petugas teliti varian COVID-19 dua pasien asal Bojonegoro
Pulang dari Madura, Warga Bojonegoro Terpapar COVID-19 Varian Baru

Sejak ditemukan kasus COVID-19 varian baru, Dinkes Kabupaten dan Provinsi Jatim langsung bergerak cepat. Mereka melakukan tracing terhadap beberapa warga yang sebelumnya pernah melakukan kontak langsung dengan pasien.

“Jadi 14 orang yang berziarah ke Madura ini langsung dites swab. Tak hanya itu, warga lain yang pernah kontak dengan ketiga pasien ini juga kita tes swab,” jelasnya.

3. Ketiga pasien saat ini sedang menjalani perawatan di RSUD Djatikoesoemo Bojonegoro
Pulang dari Madura, Warga Bojonegoro Terpapar COVID-19 Varian Baru

Masirin menjelaskan, saat ini, ketiga pasien yang terpapar virus corona sudah dirawat di RSUD Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro. Mereka dilaporkan dalam keadaan membaik namun masih perlu perawatan.

Sementara hingga sampai saat ini jumlah warga yang terkonfirmasi COVID-19 di Bojonegoro mencapai 1.630 orang. Sebanyak 1.552 dinyatakan sembuh dan 48 orang meninggal dunia. Masirin mengetakan, kasus COVID-19 di Bojonegoro terus meningkat setiap harinya. Akibat peningkatan tersebut saat Bojonegoro kembali berstatus zona orange.

“Ya bisa saja karena ada kelonggaran hajatan pernikahan ini, sehingga masyarakat abai terhadap aturan protokol kesehatan COVID-19,”pungkasnya.

Lantas seperti apa gejala orang yang terinfeksi Covid India? Berikut ciri-cirinya :

1. Sakit Tenggorokan

Salah satu ciri sakit tenggorokan adalah gatal atau bengkak. Gejala tersebut juga umum terjadi pada Covid-19 dan ditemukan di global pada 52% kasus.

2. Kelelahan

Orang yang akhirnya positif Covid-19 sebelumnya mengalami tanda kelelahan dan lemah.

3. Nyeri di Bagian Tubuh

Menurut para dokter, banyak orang positif Covid-19 merasakan nyeri di tubuh, sendi dan otot. Dikabarkan ini karena virus corona menyerang serat otot dan lapisan jaringan penting pada tubuh manusia.

4. Demam dan Menggigil

Selain itu orang yang terinfeksi mengalami demam dan menggigil. Tanda lainnya adalah kedinginan dan pilek tidak biasa.

5. Mual dan Muntah

Pasien dengan infeksi Covid-19 juga mengalami gejala mual dan muntah.

6. Pusing

Terdapat banyak laporan mengalami gejala neurologis yakni pusing, malaise dan mual.

7. Tidak ada air liur

Disebutkan jika tubuh manusia gagal air liur yang bisa melindungi mulut dari bakteri jahat, kata para ahli. Dengan gejala ini, ada kemungkinan orang yang mengalami kesulitan mengunyah serta berbicara.

8. Gejala Lainnya

Selain gejala tadi, ternyata masih ada orang yang terinfeksi mengalami gejala kurang umum. Professor Tim Spector dari fakultas epidemiologi genetik di King’s College London Inggris, dalam akun Twitternya menuliskan gejala ini dialami oleh satu dari lima orang terkena Covid-19.

Gejala tersebut salah satunya adalah adanya ruam di kulit. Dia mengingatkan bila terkena gejala aneh atau hanya pusing dan kelelahan sebaiknya untuk tetap di rumah.